PENGARUH INTENSITAS, POSITIVE VALENCE DAN KELENGKAPAN INFORMASI PADA ELECTRONIC WORD OF MOUTH DI MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Produk Avoskin di Yogyakarta)

CALISTA, REDEMPTA DESICIA (2021) PENGARUH INTENSITAS, POSITIVE VALENCE DAN KELENGKAPAN INFORMASI PADA ELECTRONIC WORD OF MOUTH DI MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Produk Avoskin di Yogyakarta). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REDEMPTA DESICIA CALISTA)
17 09 06209 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 09 06209 1.pdf

Download (849kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 09 06209 2.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text
17 09 06209 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
17 09 06209 4.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hadirnya internet mendorong kemunculan berbagai media sosial baru sebagai wadah untuk berkomunikasi secara virtual. Salah satu media sosial yang mengundang perhatian adalah TikTok. Di Indonesia sendiri, pengguna TikTok telah mencapai 30,7 juta pengguna. Jumlah ini merupakan yang terbesar keempat di dunia (Tempo, 2020). TikTok memiliki karakteristik yang unik dimana semua pengguna yang hendak memproduksi konten, memiliki kesempatan yang sama untuk “viral”, terlepas dari jumlah follower yang dimiliki dan siapa yang memproduksi konten (Haenlein, 2020). TikTok menawarkan orisinalitas sebagai salah satu kunci dari bentuk komunikasinya (Haenlein, 2020). Artinya dibandingkan dengan konten yang terlihat dibuat-buat, pengguna TikTok lebih menikmati konten organik yang dibuat atas dasar ketulusan dalam memberikan penilaian atas kepuasannya mengonsumsi sebuah produk (Lee J. Park, 2008). Hal inilah yang disebut sebagai electronic word of mouth atau E-WOM. Pertukaran pengalaman positif dari mulut ke mulut yang dilakukan pada media sosial TikTok, akan mempengaruhi bagaimana cara konsumen lain mengambil keputusan atas proses konsumsinya (Arndt, 1967). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksplanatif yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh electronic word of mouth pada media sosial TikTok terhadap keputusan pembelian konsumen produk Avoskin di Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survey dengan penyebaran kuesioner secara online melalui google form kepada 100 responden yang merupakan konsumen produk Avoskin.Penelitian ini menggunakan IBM SPSS Statistics 23 untuk mengolah data hasil kuesioner. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh positif antara intensitas E-WOM terhadap keputusan pembelian. Pengaruh positif juga ditemukan pada positive valence E-WOM terhadap keputusan pembelian serta pada kelengkapan informasi E-WOM terhadap keputusan pembelian. Melalui penelitian ini, diketahui bahwa untuk menjangkau pengguna TikTok agar menjadi konsumen potensial, pemilik merek perlu mengelola konten berbasis pada electronic word of mouth.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Electronic word of mouth, TikTok, Keputusan Pembelian, Avoskin
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 03 Dec 2021 10:06
Last Modified: 03 Dec 2021 10:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25703

Actions (login required)

View Item View Item