PENGARUH ATTRACTIVENESS DITA KARANG SECRET NUMBER SEBAGAI BRAND AMBASSADOR TERHADAP BRAND IMAGE PRODUK NACIFIC INDONESIA

DEYZITTA, FELICIA NAFIRSTYA (2021) PENGARUH ATTRACTIVENESS DITA KARANG SECRET NUMBER SEBAGAI BRAND AMBASSADOR TERHADAP BRAND IMAGE PRODUK NACIFIC INDONESIA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FELICIA NAFIRSTYA DEYZITTA)
17 09 06330 0.pdf

Download (913kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 09 06330 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 09 06330 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
17 09 06330 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
17 09 06330 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada pertengahan 1990-an musik pop Korea pertama kali mulai mendapatkan perhatian internasional yang lebih luas dengan nama “Gelombang Korea”, atau “Hallyu” dalam bahasa Korea. Gelombang Korea ini lebih dikenal dengan sebutan “K-Pop” yang merupakan akronim dari “Korean Pop”. Mulai akhir tahun 2000-an, K-Pop yang mulanya hanya dikenal oleh masyarakat Korea dan Tiongkok, lalu makin menyebar ke banyak wilayah seperti Jepang, Asia Tenggara, Eropa, dan Amerika Serikat. Gelombang ini menjadi semakin global karena mendapatkan pengakuan dari berbagai belahan dunia dan juga dinikmati oleh banyak orang, termasuk Indonesia. Fenomena K-Pop di Indonesia tidak hanya menjadi bagian dari industri hiburan saja, namun juga menjadi bagian dari perekonomian suatu perusahaan. Banyak perusahaan di Indonesia yang bekerjasama dengan selebriti K-Pop untuk mempromosikan produknya, misalnya dengan menjadi endorser atau brand ambassador. Penelitian ini menggunakan teori retorika Aristoteles, brand ambassador, dan brand image karena ingin melihat pengaruh attractiveness Dita Karang Secret Number sebagai brand ambassador terhadap brand image dari produk Nacific Indonesia. Salah satu aspek yang harus dimiliki oleh brand ambassador adalah aspek attractiveness dan peran dari seorang brand ambassador sebagai spokesperson serta wajah dari sebuah brand atau perusahaan adalah dengan memenuhi tiga aspek dari teori retorika yaitu ethos, pathos, dan logos. Brand ambassador yang ideal seharusnya dapat mempengaruhi brand image. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif dengan menyebarkan kuesioner online kepada 100 followers dari akun Instagram @nacificofficial.id. Kemudian data akan diolah menggunakan teknik uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa attractiveness Dita Karang Secret Number sebagai brand ambassador memiliki pengaruh sebesar 35,8% dengan koefisien korelasi 0,598 terhadap brand image produk Nacific Indonesia. Pengaruhnya tergolong dalam kategori sedang dan hipotesis penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Attractiveness, Brand Ambassador, Brand Image, Dita Karang Secret Number, K-Pop, Nacific Indo
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 03 Dec 2021 11:14
Last Modified: 03 Dec 2021 11:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25717

Actions (login required)

View Item View Item