ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MONITORING ORDER BERBASIS WEB PADA NARUNA CERAMIC STUDIO

Saputra, Fransiscus Aditya Bayu (2021) ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MONITORING ORDER BERBASIS WEB PADA NARUNA CERAMIC STUDIO. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Fransiscus Aditya Bayu Saputra)
16 04 22860_0.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 04 22860_1.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 04 22860_2.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text
16 04 22860_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
16 04 22860_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
16 04 22860_5.pdf

Download (645kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis proses monitoring order yang dilakukan di Naruna Ceramic Studio dan kemudian melakukan perancangan sistem informasi monitoring order berbasis web yang sesuai untuk Naruna Ceramic Studio. Objek dalam penelitian ini adalah Naruna Ceramic Studio. Teknik pengumpulan data dalam penelitian terdiri dari wawancara dan observasi. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode System Development Life Cycle (SDLC) model waterfall. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses monitoring order di Naruna Ceramic Studio masih menggunakan proses manual (2) Proses manual sangat menghambat dalam pengambilan keputusan, membutuhkan waktu yang lama, potensi kesalahan pencatatan, dan dibutuhkan informasi yang cepat dan up to date (3) Dokumen yang digunakan untuk pelaporan monitoring order adalah dokumen cetak perkembangan monitoring order (4) Pengembangan sistem meliputi: (a) analisis kebutuhan sistem, secara fungsional dan non fungsional. Berdasarkan analisis kelayakan sistem, sistem baru akan dioperasikan menggunakan intranet dinyatakan layak dari aspek teknik, ekonomi, hukum, operasional, dan jadwal (b) perancangan desain database terdiri dari tabel pelanggan, barang, material, user, mastering, pembentukan, perakitan, pengeringan, bakar biscuit, pewarnaan, pembakaran warna, finishing, pesanan, rancangan hubungan antar tabel, dan detail proses sistem informasi monitoring order. (c) Implementasi desain interface sistem sudah sesuai dengan desain model database (d) Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa sistem dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala dan perbaikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Monitoring Order Berbasis Web, Naruna Ceramic Studio, System Development Life Cycle (SDLC)
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Dec 2021 11:02
Last Modified: 08 Dec 2021 11:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25820

Actions (login required)

View Item View Item