PENGARUH BRAND AWARENESS TERHADAP MINAT BELI CALON KONSUMEN PRODUK KECANTIKAN WARDAH

OCTAVIA, AGNES AYU (2021) PENGARUH BRAND AWARENESS TERHADAP MINAT BELI CALON KONSUMEN PRODUK KECANTIKAN WARDAH. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AGNES AYU OCTAVIA)
150905620 0.pdf

Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150905620 1.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150905620 2.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text
150905620 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB)
[img]
Preview
Text
150905620 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini akan melihat pengaruh brand awareness pada produk kecantikan Wardah terhadap minat beli calon konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari brand awareness terhadap minat beli. Selain itu, penelitian ini juga ingin mengetahui jika terdapat pengaruh brand awareness terhadap minat beli, seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan alat bantu kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada 100 responden yang terdiri dari perempuan yang telah menggunakan produk kecantikan. Kuesioner dibagikan dengan media online dan diisi oleh para responden dari berbagai daerah di Indonesia. Uji validitas dan reliabilitas pada penelitian dilakukan dengan menggunakan SPSS. Metode analisis data yang digunakan adalah metode koefisien korelasi Pearson Product Moment dan regresi linier sederhana. Koefisien korelasi akan menunjukkan seberapa erat pengaruh dari brand awareness terhadap minat beli dan kuat atau lemahnya pengaruh yang dimiliki oleh brand awareness. Sedangkan regresi liner sederhana akan menunjukkan seberapa kuat pengaruh yang dimiliki oleh brand awareness terhadap minat beli dan apakah pengaruh ini signifikan atau tidak, dan apakah pengaruhnya positif atau negatif. Hasil penelitian dengan menggunakan koefisien korelasi Pearson Product Moment menunjukkan angka signifikansi sebesar 0,000. Angka ini lebih kecil dari nilai signifikansi yang ditentukan peneliti yaitu 0,050. Maka dapat disimpulkan bahwa brand awareness memiliki hubungan dengan minat beli. Uji Koefisien Korelasi juga menunjukkan nilai 0,742. Angka ini mendekati nilai sempurna yaitu 1 (satu). Maka dapat disimpulkan bahwa brand awareness memiliki pengaruh yang kuat terhadap minat beli. Uji Regresi Linier Sederhana menunjukkan nilai R-Square sebesar 0,551. Maka dapat disimpulkan bahwa brand awareness memiliki pengaruh sebesar 55,1% terhadap minat beli. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa brand awareness memiliki pengaruh terhadap minat beli calon konsumen produk kecantikan Wardah. Pengaruh yang ada adalah positif dan kuat. Saran yang peneliti berikan adalah penggunaan fator lain yang mempengaruhi minat beli selain brand awareness seperti brand image atau brand equity. Sedangkan saran pratis yang peneliti berikan adalah pemilihan label pesan yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi yang up to date.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Brand Awareness, Minat Beli, Calon Konsumen
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 08 Dec 2021 13:56
Last Modified: 08 Dec 2021 13:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25834

Actions (login required)

View Item View Item