ADOPSI INFORMASI, ANTESEDEN DAN PENGARUHNYA PADA NIAT BELI: STUDI TENTANG E-WOM DI MEDIA SOSIAL

Novi, Fironika Kurnia and Ellyawati, Jeanne (2021) ADOPSI INFORMASI, ANTESEDEN DAN PENGARUHNYA PADA NIAT BELI: STUDI TENTANG E-WOM DI MEDIA SOSIAL. Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 14 (3). pp. 327-349. ISSN 2502-2385 (Printed)

[img]
Preview
Text (Novi and Ellyawati)
Novi &Ellyawati.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Niat pembelian konsumen yang tinggi merupakan salah satu faktor yang mendukung keberhasilan suatu bisnis. Di era digitalisasi ini, penyampaian informasi melalui sosial media menjadi salah satu cara untuk mendukung keberhasilan sebuah bisnis. Syarat yang harus dipenuhi dalam penyampaian informasi tersebut adalah kredibilitas informasi, kualitas informasi, kebutuhan akan informasi, sikap pada informasi. Informasi baik, kredibel, dibutuhkan dan dukungan sikap khalayak yang baik pada informasi akan memberikan daya guna dan diadopsi oleh khalayak sebagai referensi pengambilan keputusan pembelian mereka. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: 1)Pengaruh kualitas informasi, kredibilitas informasi, kebutuhan akan informasi, dan sikap pada informasi terhadap kegunaan informasi. 2) Pengaruh kegunaan informasi terhadap adopsi informasi, dan. 3) Pengaruh sikap pada informasi dan adopsi informasi terhadap niat pembelian. Penelitian dilakukan pada 150 orang responden. Model pengumpulan data yang dilakukan dengan memakai kuesioner dan mentode pengukuran data menggunakan skala Likert. Metode analisis data yang dilakukan menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian yang diperolah yaitu bukti yang nyata bahwa: 1) Kualitas informasi, kredibilitas informasi, kebutuhan informasi, serta sikap pada informasi memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap kegunaan informasi. 2) Kegunaan informasi memiliki pengaruh yang signifikan & positif terhadap adopsi informasi, dan. 3) Sikap pada informasi dan adopsi informasi memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap niat pembelian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kualitas informasi, kredibilitas informasi, kebutuhan akan informasi, sikap pada informasi, kegunaan informasi, adopsi informasi, dan niat pembelian.
Subjects: Magister Manajemen > E-Business
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 09 Dec 2021 10:31
Last Modified: 27 Apr 2023 20:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25858

Actions (login required)

View Item View Item