PENGARUH EMOTIKON DALAM MIM (MOBILE INSTANT MESSAGING)MEMBANGUN HUBUNGAN LINE DENGAN USER LINE

Irene, Margareta Florentia (2021) PENGARUH EMOTIKON DALAM MIM (MOBILE INSTANT MESSAGING)MEMBANGUN HUBUNGAN LINE DENGAN USER LINE. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Margareta Florentia Irene)
170323453 0.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323453 1.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323453 2.pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text
170323453 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
170323453 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[img]
Preview
Text
170323453 5.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji peran emotikon dalam menjalin hubungan merek dengan konsumen pada aplikasi pesan instan LINE. Objek dari penelitian ini adalah penggunan aplikasi LINE. Responden dalam penelitian ini berjumlah 300 orang yang pernah menggunakan aplikasi pesan instan LINE. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik probabilistic sampling serta pengumpulan data melalui google form dengan menggunakan skala likert 5 poin. Analisis data dilakukan dengan metode SEM (Structural Equation Modelling) dengan menggunakan program Smart PLS v. 3.3.3. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kelucuan skema anak (Kindchenschema cuteness) dari emotikon bermerek berpengaruh positif pada kesenangan yang dirasakan dalam interaksi, lalu pada kelucuan aneh (Whimsical cuteness) dari emotikon beremerek berpengaruh positif pada perceived playfulness berpengaruh positif pada brand engagement in self-concept, brand engagement in selfconcept berpengaruh positif pada stickiness to MIM(Mobile Instant Mobile) apps. Emotikon dalam keterlibatan merek sangat penting bagi perusahaan dalam menjalin hubungan dengan konsumen menjadi lebih baik. Perusahaan menggunakan strategi keunggulan bersaing dari sisi produk, harga dan promosi untuk menarik perhatian konsumen dalam pengambilan keputusan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kindchenschema cuteness, Whimsical cuteness, Aplikasi MIM, brand engagement in self-concept, perceived playfulness.
Subjects: Manajemen > Operasi dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 10 Dec 2021 14:37
Last Modified: 10 Dec 2021 14:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25919

Actions (login required)

View Item View Item