VIVIANA, SERLY (2021) KEPUASAN KOMUNIKASI ORGANISASI BERDASARKAN PENGGUNAAN MEDIA DI PT SOLUSI DESAIN BANGSA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (SERLY VIVIANA)
170906253 0.pdf Download (636kB) | Preview |
|
|
Text
170906253 1.pdf Download (584kB) | Preview |
|
|
Text
170906253 2.pdf Download (480kB) | Preview |
|
Text
170906253 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
170906253 4.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Komunikasi merupakan kunci utama keberlangsungan organisasi yang dilaksanakan oleh anggota organisasi yang akan berlangsung dengan terjadinya proses penciptaan dan penafsiran pesan yang dilakukan di tiap unit komunikasi pada hierarki organisasi agar tercipta mutual understanding dan meminimalisir terjadinya miscommunication. Kepuasan komunikasi organisasi merupakan salah satu faktor yang berpengaruh pada jalannya komunikasi organisasi, hal tersebut didukung dengan adanya penentuan media komunikasi yang akan meningkatkan efektivitas dan efesiensi kerja karyawan. Penentuan media tersebut merupakan upaya dalam meningkatkan kualitas dalam proses pendistribusian informasi. Namun, hal tersebut juga merupakan tantangan terbesar bagi organisasi. Maka, disimpulkan bahwa kepuasan komunikasi pada sebuah organisasi akan mengacu pada penggunaan media komunikasi yang telah ditentukan oleh organisasi. PT Solusi Desain Bangsa adalah perusahaan teknologi di bidang desain berbasis online. Karena berbasis online, anggota organisasi diwajibkan untuk update mengenai project yang dikerjakan. Namun, hal tersebut menjadi tantangan organisasi karena terjadi miscommunication bahkan ketika PT Solusi Desain Bangsa telah menetapkan media komunikasi yang digunakan yaitu Whatsapp, Slack, Trello, Google Meet sebagai media untuk pendistribusian informasi. Melalui masalah tersebut penelitian ini bertujuan meninjau kepuasan komunikasi di PT Solusi Desain Bangsa melalui penggunaan media komunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan secara langsung kepada seluruh anggota PT Solusi Desain Bangsa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif deskriptif untuk menjelaskan realitas fenomena yang terjadi pada objek penelitian. Hasil analisis penelitian ini yaitu terdapat kepuasan komunikasi organisasi berdasarkan penggunaan media di PT Solusi Desain Bangsa sebagai berikut: media komunikasi Whatsapp dengan persentase 100% atau 31 anggota puas kemudian Google Meet dengan persentase 54% atau 17 anggota puas lalu Slack dengan persentase 31% atau 10 anggota puas dan pada posisi terakhir yaitu media komunikasi Trello dengan persentase 5% atau 2 dari anggota puas menggunakan media tersebut. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa kepuasan komunikasi karyawan di PT Solusi Desain Bangsa didominasi dengan menggunakan media Whatsapp, Google Meet, Slack, Trello.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Organisasi, Kepuasan Komunikasi Organisasi, Penggunaan Media Komunikasi. |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 6 uajy |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 09:11 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 09:11 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25963 |
Actions (login required)
View Item |