PENGARUH PENGALAMAN LAYANAN ONLINE PELANGGAN DENGAN AUGMENTED REALITY TERHADAP PERSEPSI NILAI, EVALUASI PENGAMBILAN KEPUTUSAN DAN NIAT BERPERILAKU PADA SHOPEE

Tarigan, Veni Christi Br (2021) PENGARUH PENGALAMAN LAYANAN ONLINE PELANGGAN DENGAN AUGMENTED REALITY TERHADAP PERSEPSI NILAI, EVALUASI PENGAMBILAN KEPUTUSAN DAN NIAT BERPERILAKU PADA SHOPEE. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Veni Christi Br Tarigan)
170323735 0.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323735 1.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323735 2.pdf

Download (455kB) | Preview
[img] Text
170323735 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
170323735 44.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB)
[img]
Preview
Text
170323735 5.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis serta menguji pengaruh pengalaman layanan online pelanggan dengan augmented reality (simulasi kontrol fisik, penyematan lingkungan, & kehadiran spasial) terhadap persepsi nilai, evaluasi pengambilan keputusan dan niat berperilaku pada Shopee. Objek penelitian ini adalah produk makeup pada Shopee. Sampel penelitian ini sebanyak 295 pengguna Shopee yang sudah pernah menggunakan fitur virtual makeup try-on selama satu tahun terakhir. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling serta pengumpulan data melalui google form. Analisis data dilakukan dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan software SmartPLS versi 3.3.3. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa simulasi kontrol fisik dan penyematan lingkungan tidak berpengaruh terhadap nilai utilitarian dan hedonis. Variabel kehadiran spasial berhasil memediasi simulasi kontrol fisik dan penyematan lingkungan dengan memberikan efek positif dan signifikan terhadap nilai utilitarian dan hedonis. Kehadiran spasial juga berpengaruh positif serta signifikan terhadap kenyamanan pengambilan keputusan. Persepsi nilai utilitarian berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli dan WOM. Persepsi nilai hedonis tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beli dan WOM. Kenyamanan pengambilan keputusan tidak berpengaruh terhadap niat beli. Namun, variabel kenyamanan pengambilan keputusan berpengaruh positif dan signifikan terhadap WOM.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Augmented reality, Simulasi Kontrol Fisik, Penyematan Lingkungan, Persepsi Nilai Utilitarian, Nilai Hedonis, Kenyamanan Pengambilan Keputusan, Niat beli, WOM.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 14 Dec 2021 10:10
Last Modified: 14 Dec 2021 10:10
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25969

Actions (login required)

View Item View Item