PENGEMBANGAN MODEL REFERENSI BAGI TOKO ONLINE BERDASARKAN USER INTERFACE ANALYTICS

Bellanov, Agrienta (2021) PENGEMBANGAN MODEL REFERENSI BAGI TOKO ONLINE BERDASARKAN USER INTERFACE ANALYTICS. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Agrienta Bellanov)
195603141 1.pdf

Download (839kB) | Preview
[img]
Preview
Text
195603141 2.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
195603141 3.pdf

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
Text
195603141 4.pdf

Download (924kB) | Preview
[img] Text
195603141 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB)
[img] Text
195603141 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text
195603141 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
195603141 8.pdf

Download (523kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan internet membuat e-commerce semakin berkembang. Salah satu di antaranya adalah marketplace, tempat sejumlah toko bergabung menjual produk dan pembeli melakukan proses pembelian. Ecommerce merupakan suatu platform bisnis yang memberikan dampak ekonomi yang besar, sehingga perlu didorong untuk berkembang. Usaha-usaha untuk mengembangkan marketplace harus dimulai dari identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kinerjanya. Sejauh ini, penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan toko di suatu marketplace dilakukan dengan meminta pendapat pelanggan melalui survei atau analisis review pelanggan, yang berpotensi bias. Pada suatu marketplace, terdapat user interface tempat penjual dan pembeli bertemu yang mengandung banyak data dan informasi terkait proses pelanggan dalam berbelanja. Data dan informasi yang terdapat dalam user interface tersebut berpotensi dimanfaatkan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan toko, sebagaimana diindikasikan secara parsial oleh beberapa penelitian awal. Sejauh ini, sebagian besar penelitian mengenai user interface hanya berfokus pada faktor apa yang menjadi penentu kesuksesan toko terhadap salah satu marketplace saja. Sementara itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model referensi untuk melihat faktor apa saja yang memberikan pengaruh paling signifikan terhadap kesuksesan toko online dalam top 3 marketplace yang paling banyak dikunjungi oleh pelanggan di Indonesia yakni Shopee, Tokopedia dan Bukalapak, selain itu terdapat 9 kategori produk yang dianalisis dalam peneltian ini agar model yang dihasilkan bisa lebih spesifik, 9 kategori produk yang dimaksud adalah produk kesehatan, aksesoris, make up, sepatu, laptop, sandal wanita, alat dapur, sembako, dan produk secara keseluruhan. Proses pengumpulan data/ informasi pada user interface dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan bantuan software web scraping Octoparse. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa faktor-faktor yang memberikan pengaruh paling signifikan terhadap kesuksesan toko dari setiap marketplace berbeda-beda. Namun jika disampaikan secara umum, variabel yang paling berpengaruh pada kesuksesan toko di marketplace Shopee adalah harga produk, kemudian untuk marketplace Tokopedia, variabel lama bergabung dan jumlah pengikut, sedangkan untuk marketplace Bukalapak, variabel jumlah pengikut. Hasil ini dilihat dari berapa banyak jumlah kategori produk yang dipengaruhi oleh variabel-variabel tersebut, sehingga semakin banyak kategori produk yang dipengaruhi oleh variabel tersebut, maka semakin berpengaruh pula variabel tersebut terhadap kesuksesan suatu toko di setiap marketplace.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, marketplace, User Interface, Faktor Kesuksesan
Subjects: Magister Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 14 Dec 2021 12:57
Last Modified: 14 Dec 2021 12:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25979

Actions (login required)

View Item View Item