PENGARUH DAYA TARIK FISIK DAN SOSIAL, SIKAP HOMOFILI, TERHADAP INTERAKSI PARASOSIAL DAN NIAT BELI PADA INFLUENCER FADIL JAIDI

Pratama, Christopher Swenrijando (2021) PENGARUH DAYA TARIK FISIK DAN SOSIAL, SIKAP HOMOFILI, TERHADAP INTERAKSI PARASOSIAL DAN NIAT BELI PADA INFLUENCER FADIL JAIDI. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Christopher Swenrijando Pratama NPM: 17)
17 03 23867 0.pdf

Download (897kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 03 23867 1.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 03 23867 2.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text
17 03 23867 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text
17 03 23867 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
17 03 23867 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi mengenai pengaruh daya tarik fisik sikap homofili, daya tarik sosial terhadap interaksi parasosial dan niat beli. Objek penelitian merupakan seorang influencer sekaligus Youtuber asal Indonesia Fadil Jaidi. Responden dari penelitian ini sebanyak 181 responden dengan total 170 responden yang telah memenuhi kriteria. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling (nonprobability sampling), dan pengumpulan data melalui kuesioner yang dilakukan secara online. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukan bahwa daya tarik fisik berpengaruh positif terhadap interaksi parasosial, sikap homofili berpengaruh positif terhadap interaksi parasosial, daya tarik fisik berpengaruh positif terhadap interaksi parasosial dan interaksi parasosial berpengaruh positif terhadap niat beli. Artinya semakin sering seorang influencer melakukan interaksi dengan pengikutnya dan pengikutnya juga merasakan hal yang sama akan membawa pengaruh positif terhadap barang/jasa yang diiklankan/endorse oleh influencer tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: daya tarik fisik, sikap homofili, daya tarik sosial, interaksi parasosial, niat beli, endorse, influencer.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 14 Dec 2021 15:19
Last Modified: 14 Dec 2021 15:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25990

Actions (login required)

View Item View Item