Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemikiran Konsumen terhadap Green Marketing Practices pada Produk Hijau Panasonic

Andriana, Gabriel Destria Putri Cahya (2021) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemikiran Konsumen terhadap Green Marketing Practices pada Produk Hijau Panasonic. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Gabriel Destria Putri Cahya Andriana)
170323873 0.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323873 1.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323873 2.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text
170323873 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
170323873 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
170323873 5.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengkaji, dan menganalisis tentang bagaimana pemikiran konsumen mengenai praktik pemasaran hijau serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen terhadap praktik pemasaran hijau. Praktik pemasaran hijau telah digunakan sebagian besar organisasi maupun perusahaan di dunia untuk mengurangi dampak berbahaya dari proses produksi yang berdampak pada iklim dan kondisi lingkungan lainnya. Berdasarkan data perusahaan hijau yang ada di Indonesia, Panasonic Corporation merupakan salah satu perusahaan hijau yang secara komprehensif menggunakan kata hijau pada proses promosinya dalam bentuk pemasaran hijau, pasokan rantai hijau, konsumen hijau, dan produk hijaunya. Dalam penelitian ini survey dilakukan yang bersumber pada data primer yang diambil melalui hasil kuesioner melalui google form dalam bentuk skala likert dengan bobot 5 poin yang diisi oleh responden dan data sekunder yang diperoleh melalui buku, jurnal, catatan departemen pemerintah, dan internet. Teknik pengambilan sampling menggunakan purposive sampling method. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan SPSS dengan metode analisis faktor untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi pendapat konsumen tentang praktik pemasaran hijau. Pengujian keakuratan sampel melalui indeks Kaiser-Meyer-Olkin (KMO) Measure of sampling adequacy dan Barlett’s Test of Sphericity dengan penggunaan metode prinsip faktor yaitu rotasi varimax orthogonal untuk mengidentifikasi signifikansi variabel-variabel apa saja yang mempengaruhi pemikiran konsumen mengenai praktik pemasaran hijau dengan pembebanan faktor rotasi. Berdasarkan perolehan nilai MSA seluruh variabel memiliki nilai lebih dari 0,5 dengan indeks KMO 0,881 dan siginifikansi Barlett’s Test of Sphericity 0,000 dimana faktor tersebut tepat untuk menyederhanakan seluruh variabel. Berdasarkan uji dengan metode principal component diperoleh 4 faktor yang dapat digunakan dan dianalisis dengan hasil communalities > 0,5 dan nilai factor loading > 0,55 yang terdapat pada ke-14 variabel, sehingga berdasarkan ke-4 faktor baru yang muncul tersebut telah dilakukan penamaan faktor baru yaitu loyalitas konsumen hijau (Green Consumer’s Loyalty), perilaku konsumen hijau (Green Consumer Behavior), kepedulian lingkungan (Environmental Awareness), dan niat pembelian hijau (Green Purchasing Intention).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: consumer’s thought, green marketing practices, green environmental, factor analysis, green company.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 22 Dec 2021 14:41
Last Modified: 22 Dec 2021 14:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26117

Actions (login required)

View Item View Item