PENGARUH KREDIBILITAS SUMBER, KUALITAS ARGUMEN DAN SIKAP TERHADAP KEGUNAAN INFORMASI, ADOPSI INFORMASI DAN NIAT KUNJUNGAN WISATA (STUDI PADA VIDEO ONLINE WISATA DI INSTAGRAM

Charisty, Christoforus Verbi (2021) PENGARUH KREDIBILITAS SUMBER, KUALITAS ARGUMEN DAN SIKAP TERHADAP KEGUNAAN INFORMASI, ADOPSI INFORMASI DAN NIAT KUNJUNGAN WISATA (STUDI PADA VIDEO ONLINE WISATA DI INSTAGRAM. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Christoforus Verbi Charisty)
170323869 0.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323869 1.pdf

Download (983kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323869 2.pdf

Download (515kB) | Preview
[img] Text
170323869 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text
170323869 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB)
[img]
Preview
Text
170323869 5.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi mengenai pengaruh pengaruh kredibilitas sumber, kualitas argumen dan sikap terhadap kegunaan informasi, adopsi informasi dan niat kunjungan wisata. Objek dalam penelitian ini adalah konten video ulasan destinasi wisata di media sosial Instagram. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah responden yang memiliki akun Instagram minimal 1 tahun terakhir yang menjadi follower pada minimal satu akun yang mengulas destinasi-destinasi wisata serta pernah minimal 2 kali melihat konten video (story, feed dan IGTV) di Instagram yang mengulas destinasi wisata. Responden yang terkumpul sebanyak 234 responden, namun hanya sebanyak 226 responden yang memenuhi kriteria penelitian. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling (nonprobability sampling) dan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan secara daring. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keahlian sumber, ketepatan waktu dan kelengkapan menjadi prediktor paling signifikan dalam memengaruhi niat kunjungan wisata pada video online di media sosial Instagram. Artinya semakin baik keahlian sumber, ketepatan waktu dan kelengkapan dalam konten video ulasan destinasi wisata yang ditawarkan maka niat kunjungan wisata juga akan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: information adoption model, user-generated content, online video, Instagram, destinasi wisata
Subjects: Manajemen > Operasi dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 22 Dec 2021 15:06
Last Modified: 22 Dec 2021 15:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26118

Actions (login required)

View Item View Item