IDENTIFIKASI PESAN TERKAIT PEDOFILIA DALAM KOMUNIKASI KOMUNITAS PENDUKUNG PEDOFILIA DALAM DARK WEB (Analisis Isi Kualitatif Pesan-Pesan Terkait Pedofilia dalam Komunikasi Komunitas Virtual Pendukung Pedofilia Pedo Support Community pada Forum Pedo Chat di dalam Dark Web)

KUNCORO, ALVIN AURELIO (2021) IDENTIFIKASI PESAN TERKAIT PEDOFILIA DALAM KOMUNIKASI KOMUNITAS PENDUKUNG PEDOFILIA DALAM DARK WEB (Analisis Isi Kualitatif Pesan-Pesan Terkait Pedofilia dalam Komunikasi Komunitas Virtual Pendukung Pedofilia Pedo Support Community pada Forum Pedo Chat di dalam Dark Web). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ALVIN AURELIO KUNCORO)
17 09 06290 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 09 06290 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 09 06290 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
17 09 06290 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
17 09 06290 4.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pedofilia berasal dari bahasa Yunani philia dan pedeiktos yang dapat didefinisikan sebagai preferensi seksual terhadap anak-anak. Meskipun pedofilia bukanlah hal baru, topik-topik komunikasi antarpedofil hingga saat penelitian ini akan dilakukan masih belum diketahui dengan jelas. Salah satu alasannya adalah keterbatasan dalam menemukan pedofil yang berkenan mengakui sifat pedofilianya serta setuju menjadi subjek penelitian. Maka dari itu, dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dark web sebagai perantara mengamati interaksi komunikasi antarpedofil dalam komunitas virtual pendukung pedofilia. Keluaran dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan deskripsi akan pesan-pesan terkait pedofilia yang dikomunikasikan antarpedofil di dalam komunitas virtual pendukung pedofilia. Penelitian ini dilakukan selama periode Januari hingga Maret 2021 pada forum Pedo Chat dalam komunitas virtual pendukung pedofilia Pedo Support Community. Pengumpulan data dilakukan secara observasi pengamat penuh atau peneliti sama sekali tidak terlibat dan berinteraksi dengan subjek penelitian. Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan metode analisis isi secara kualitatif. Data yang didapatkan sebanyak empat belas artikel percakapan dibagi ke dalam segmensegmen secara thematic criterion. Hasil proses segmentasi ini kemudian dianalisis dan dikodekan dengan kerangka kode yang dibangun melalui metode progressive summarization dengan rujukan konsep speech act theory, teori empat faktor oleh Finkelhor & Araji, serta teori karakteristik pelaku kejahatan seksual terhadap anak oleh Seto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selama periode Januari hingga Maret 2021 terdapat tujuh topik terkait pedofilia dalam dua kategori utama pada forum Pedo Chat Pedo Support Community. Dalam kategori utama ilucotionary act assertive terdapat empat topik. Pertama, rangsangan seksual, mencakup preferensi anak yang menarik secara seksual hingga cara mengatasi dorongan seksual terhadap anak-anak oleh anggota PSC. Kedua, disinhibisi, meliputi pengaruh situasi kondisi terhadap munculnya sifat pedofilia. Ketiga, interaksi sosial, berisikan pernyataan peran komunitas PSC dalam mendukung sifat pedofilia. Keempat, sikap dan kepercayaan terkait seks dengan anak-anak, mencakup keyakinan anggota PSC bahwa interaksi seksual dengan anak adalah wujud kasih para pedofil. Sedangkan, dalam kategori utama illucotionary act expressive terdapat tiga topik. Pertama, gangguan emosional, berisi permasalahan stres dan tekanan yang dirasakan anggota PSC karena stigma masyarakat. Kedua, pengalaman seksual semasa anak-anak, berisi ungkapan dan konfirmasi anggota PSC akan pengalaman berinteraksi seksual semasa anak-anak. Ketiga, perkembangan seksual, berisi pendapat adanya faktor internal serta pengaruh eksternal yang menyebabkan munculnya sifat pedofilia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pedofilia, Komunitas Virtual, Pedo Support Community, Dark Web, Analisis Isi Kualitatif, Pesan Komunikasi
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 09 Feb 2022 13:00
Last Modified: 09 Feb 2022 13:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26238

Actions (login required)

View Item View Item