PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM PENDAMPINGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Wicaksana, Andreas Raditya (2020) PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM PENDAMPINGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Andreas Raditya Wicaksana)
160906000 0.pdf

Download (117MB) | Preview
[img]
Preview
Text
160906000 1.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
160906000 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
160906000 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
[img]
Preview
Text
160906000 4.pdf

Download (80MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus pada proses komunikasi interpersonal yang dilakukan pada pendampingan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) oleh orang tua pasca pemberlakuan kebijakan belajar di rumah selama masa darurat kesehatan global (pandemi) Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Komunikasi interpersonal diartikan sebagai interaksi verbal dan non verbal antara dua orang atau lebih yang saling bergantung (DeVito, 2013). Penelitian ini membahas tentang proses komunikasi interpersonal pada ABK dengan melihat peran penting orang tua dalam pendampingan ABK pada masa pandemi COVID-19. Keluarga, terutama orang tua memegang peran penting dalam pendampingan ABK (Suheri, 2014, hal. 17). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan situasi yang sebenarnya melalui deskripsi kalimat secara rinci, lengkap dan mendalam (Nugrahani, 2014, hal. 96) tentang proses komunikasi interpersonal dalam pendampingan ABK pasca pemberlakuan kebijakan belajar di rumah pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat proses komunikasi interpersonal yang diwujudkan melalui pendekatan emosional oleh orang tua dengan ABK sehingga mampu menciptakan pemaknaan pesan dan melahirkan keintiman hubungan interpersonal. Proses komunikasi interpersonal oleh orang tua dilakukan melalui proses encoding-decoding serta komunikasi verbal maupun non verbal. Adapun proses tersebut memiliki hambatan komunikasi yang berasal dari ABK sehingga orang tua membutuhkan strategi atau pendekatan dalam proses penyampaian pesan supaya pendampingan dapat berlangsung secara efektif. Strategi komunikasi interpersonal meliputi penyesuaian diri dengan ABK, empati, sikap positif dan suportif, serta menerapkan pembelajaran dan pembiasaan pada ABK dalam aspek keseharian. Oleh karena itu, hubungan interpersonal dapat tercipta melalui proses komunikasi interpersonal yang melahirkan makna pesan antara orang tua dan ABK.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, ABK, COVID-19, Pendampingan
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 11 Feb 2022 13:45
Last Modified: 11 Feb 2022 13:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26296

Actions (login required)

View Item View Item