AKTIVITAS KOMUNIKASI YAYASAN INTERNATIONAL ANIMAL RESCUE INDONESIA MELALUI AFTER SCHOOL PROGRAM UNTUK MEWUJUDKAN EKOSISTEM BERKELANJUTAN

TANTIANA, MELLYN (2022) AKTIVITAS KOMUNIKASI YAYASAN INTERNATIONAL ANIMAL RESCUE INDONESIA MELALUI AFTER SCHOOL PROGRAM UNTUK MEWUJUDKAN EKOSISTEM BERKELANJUTAN. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MELLYN TANTIANA)
170906309 0.pdf

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906309 1.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906309 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
170906309 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
170906309 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemburuan dan pemeliharaan satwa liar seharusnya tidak lagi terjadi karena selain mengancam kelestarian satwa liar, juga membahayakan manusia dengan penyakit yang mungkin dibawa oleh satwa liar. Salah satu organisasi yang memiliki tujuan untuk melestarikan lingkungan serta memiliki program pendidikan dan penyadartahuan yaitu Yayasan International Animal Rescue Indonesia (YIARI). Program ini disebut dengan After School Program (ASP). Komunikasi diperlukan agar informasi yang disampaikan YIARI dalam penyelengaraan program ASP dapat diterima dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas komunikasi YIARI dalam mewujudkan ekosistem orangutan, satwa liar lainnya dan lingkungan yang berkelanjutan melalui after school program. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objek penelitian ini yaitu aktivitas komunikasi YIARI melalui after school program. Subyek penelitian ini adalah Supervisor tim edukasi, Staf Edukasi dan Penyadartahuan, dan masyarakat yang pernah atau sedang mengikuti kegiatan after school program YIARI. Aktivitas komunikasi YIARI dalam penyelengaraan ASP dilakukan dengan mengelola komponen komunikasi untuk memberikan informasi kepada publik yang terdiri dari komunikator, pesan, media, komunikan, dan efek. Aktivitas komunikasi YIARI dalam penyelengaraan ASP dilakukan dengan mengelola komponen komunikasi untuk memberikan informasi kepada publik. Aktivitas Komunikasi dilaksanakan dengan menentukan tema, dan materi yang menarik, menentukan pihak yang tepat untuk menyampaikan informasi. YIARI juga menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah dan berbagai instansi. Aktivitas komunikasi YIARI dari mulut ke mulut dilakukan dengan mendatangi berbagai sekolah kemudian disampaikan kepada peserta didik, mendatangi ketua RT untuk menginformasikan kepada warga, dan anak-anak yang telah bergabung dapat menceritakan pengalaman kepada teman-teman yang lain. Penyebaran informasi juga dilakukan dengan membuat pemberitaan melalui media sosial dan media massa online. Aktivitas komunikasi YIARI melalui after school program mampu memperkenalkan YIARI kepada masyarakat dan mendukung dalam memahami pentingnya menjaga ekosistem orangutan, satwa liar lainnya dan lingkungan yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komunikasi, after school program, pelestarian lingkunga
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 16 Feb 2022 09:00
Last Modified: 16 Feb 2022 09:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26332

Actions (login required)

View Item View Item