BRAND EXPERIENCE AUDIENS TOKOPEDIA PADA VIRTUAL EVENT #TOKOPEDIAWIB TV SHOW (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Followers Akun Instagram @Tokopedia)

BAKKARA, CINDY MARLINA (2021) BRAND EXPERIENCE AUDIENS TOKOPEDIA PADA VIRTUAL EVENT #TOKOPEDIAWIB TV SHOW (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Followers Akun Instagram @Tokopedia). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (CINDY MARLINA BAKKARA)
170906457 0.pdf

Download (849kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906457 1.pdf

Download (857kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906457 2.pdf

Download (931kB) | Preview
[img] Text
170906457 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
170906457 4.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan brand experience yang di alami audiens Tokopedia melalui virtual event #TokopediaWIB TV SHOW. Objek Tokopedia dipilih karena Tokopedia menjadi e-commerce pertama dengan posisi bukan sebagai market leader, yang mengadakan virtual event di tengah pandemi dengan konsep TV SHOW untuk memaksimalkan pengalaman belanja konsumen. Permasalahan dalam penelitian ini adalah data yang menujukkan bahwa terdapat alasan yang sama dalam penggunaan e-commerce dengan peringkat tertinggi di tengah pandemi, yakni keberadaan diskon. Hal ini membuat konsumen mudah untuk berpindah platform sesuai dengan nilai diskon yang paling tinggi. Tokopedia hadir dengan program menarik yaitu #TokopediaWIB TV SHOW untuk memberikan pengalaman belanja yang tidak hanya memberikan diskon dan promo besar-besaran, namun sekaligus memberikan hiburan bagi konsumen sehingga konsumen memilki pengalaman belanja yang menarik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei melalui instrumen kuisioner, dengan simple random sampling kepada 100 responden yang merupakan followers akun Instagram @tokopedia yang pernah menonton rangkaian virtual event #TokopediaWIB TV SHOW. Kuisioner yang telah disebarkan kemudian diuji validitas dan reliabilitasnya, kemudian temuan data yang diperoleh dianalisis menggunakan mean analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek yang paling kuat dalam brand experience audiens Tokopedia pada virtual event #TokopediaWIB TV SHOW adalah aspek sensorik (sensory) dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 4,55. Kemudian aspek yang masuk ke dalam kategori kuat adalah aspek afeksi (affective) dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 4,53. Aspek dengan posisi ketiga dalam kategori kuat adalah aspek intelektual (intellectual) dengan nilai rata-rata sebesar 4,2. Terakhir, aspek yang masuk dalam kategori sedang dan berada pada posisi terakhir dari keseluruhan aspek

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Brand experience, Sensorik (Sensory), Afeksi (Affective), Perilaku (Behavioral), intelektual (Intellectual)
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 17 Feb 2022 09:20
Last Modified: 17 Feb 2022 09:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26363

Actions (login required)

View Item View Item