STRATEGI KOMUNIKASI DARI KAMPANYE JOGJA LEBIH BIKE DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus pada Purpose Agency)

Ruaw, Maria Setianingrum (2022) STRATEGI KOMUNIKASI DARI KAMPANYE JOGJA LEBIH BIKE DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus pada Purpose Agency). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MARIA SETIANINGRUM R)
180906720 0.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906720 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906720 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
180906720 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
180906720 4.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Pandemi COVID-19 menghasilkan beragam dampak bagi seluruh dunia, baik negatif maupun positif. Salah satu dampak positifnya terjadi pada sektor sosial dan lingkungan. Tanpa diduga kegiatan bersepeda “booming” kembali dan menjadi kegiatan kegemaran masyarakat ketika masa pandemi COVID-19. Fenomena ini dibuktikan oleh adanya peningkatan permintaan produksi sepeda serta penjualannya di aplikasi perdagangan online. Sepeda tidak lagi difungsikan sebagai alat rekreasi dan olahraga, tetapi juga dapat digunakan untuk berbagai kegiatan sehari-hari. Kampanye Jogja Lebih Bike merupakan salah satu kampanye yang berjalan di masa pandemi COVID-19. Jogja Lebih Bike mempromosikan perubahan gaya hidup untuk memperbaiki kualitas udara di Yogyakarta melalui kegiatan bersepeda. Objektifnya berada pada perubahan persepsi publik terhadap isu polusi udara, perubahan perilaku sosial, dan advokasi kebijakan. Kampanye ini tidak menggunakan strategi khusus ketika masa pandemi tetapi tetap menggunakan Labs Process sebagai acuan dari tahapan strategi komunikasi yang dilaksanakan. Namun begitu, XYZ Labs memberikan pilihan kepada setiap partnernya untuk dapat menunda atau mengubah format kegiatan dari strategi yang diimplementasikan. Keseluruhan strategi komunikasi dari Kampanye Jogja Lebih Bike juga memaksimalkan fungsi dari elemen-elemen komunikasi seperti komunikator, pesan, saluran, dan komunikan. Maka dari itu, kombinasi dari elemen-elemen komunikasi serta toleransi dari XYZ Labs membuat implementasi strategi komunikasi dari Kampanya Jogja Lebih Bike dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara mendalam kepada dua orang narasumber yang bertanggung jawab dan terlibat penuh pada tahapan strategi komunikasi dari Kampanye Jogja Lebih Bike. Selanjutnya, pengumpulan data sekunder dilakukan dengan teknik dokumentasi, baik dokumentasi digital maupun dokumentasi dari setiap kegiatan internal dari Kampanye Jogja Lebih Bike sebagai data pendukung pada penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang utama dari dari Kampanye Jogja Lebih Bike adalah online campaign, misi bike dan ix kolaborasi. Strategi-strategi tersebut diimplementasikan dengan memperhatikan elemen-elemen komunikasi. Pemanfaatan dari seluruh elemen komunikasi mengakibatkan tercapainya tujuan-tujuan yang ingin dicapai oleh Kampanye Jogja Lebih Bike. Kampanye ini menggunakan banyak aktor dalam bentuk kolaborasi untuk mengeksekusi strateginya. Setiap program yang dijalankan memanfaatkan beragam saluran komunikasi, baik online maupun offline. Selain itu, Kampanye Jogja Lebih Bike memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi setiap elemen komunikasi sehingga pesan utama dapat diterima dengan baik oleh khalayaknya. Dengan begitu, strategi komunikasi yang digunakan oleh Kampanye Jogja Lebih Bike dapat diimplementasikan dengan baik di masa pandemi COVID- 19.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Jogja Lebih Bike, Strategi Komunikasi, Kampanye, COVID-19.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 17 Feb 2022 10:22
Last Modified: 17 Feb 2022 10:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26379

Actions (login required)

View Item View Item