PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN METODE SWOT DAN SURVEI PELANGGAN DI TIPSE COFFEE

PUTRA, GILANG GAGASTAMA HANNOV (2022) PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN METODE SWOT DAN SURVEI PELANGGAN DI TIPSE COFFEE. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (GILANG GAGASTAMA HANNOV PUTRA)
140607873 0.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
140607873 1.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
140607873 2.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
140607873 3.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text
140607873 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
140607873 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img]
Preview
Text
140607873 6.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan terjadinya perubahan perilaku masyarakat yang harus membatasi kegiatan di luar rumah sehingga langkah yang diambil oleh kebanyakan coffee shop adalah dengan menyediakan pilihan produk kopi susu dalam kemasan botol yang dapat dibawa pulang tanpa mengurangi kualitas dari produk olahan kopi tersebut. Home Industry kopi susu dalam kemasan botol juga banyak bermunculan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Tipse Coffee hadir dengan memberikan inovasi pada kopi susu dalam kemasan botol dengan menambahkan minuman beralkohol. Sempat mengalami lonjakan penjualan pada awal dirilisnya produk Tipse Coffee, penjualan produk Tipse Coffee kemudian mengalami penurunan penjualan Penelitian ini bertujuan untuk melakukan riset pasar yang hasilnya berupa strategi pemasaran yang tepat. Strategi pemasaran yang tepat dapat membantu Tipse Coffee untuk bersaing dengan kompetitor yang menjual produk kopi susu dalam kemasan botol dan melakukan peningkatan penjualan produk yang mengalami penurunan. Penggunaan metode SWOT ditujukan untuk menggabungkan faktor internal yang dimiliki dan faktor eksternal yang dihadapi oleh Tipse Coffee yang kemudian tujuannya adalah penyusunan strategi yang dapat membantu Tipse Coffee untuk bersaing dengan kompetitor. Hasil dari penelitian penentuan strategi pemasaran menggunakan metode SWOT adalah Tipse Coffee terletak pada kuadran I yaitu “Progresif” sehingga dapat disimpulkan bahwa Tipse Coffee masih dapat melakukan pengembangan usaha dengan mempertahankan kualitas, melakukan promosi yang tepat, dan terus melakukan inovasi untuk menarik konsumen. Strategi pemasaran yang diperoleh diteruskan dengan survei kepada pelanggan Tipse Coffee untuk mendapatkan strategi pemasaran yang lebih rinci.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kopi susu dalam kemasan botol, strategi pemasaran, SWOT, survei pelanggan.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 09 Mar 2022 12:07
Last Modified: 09 Mar 2022 12:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26583

Actions (login required)

View Item View Item