Hapuk, Grace Keren (2021) USULAN RANCANGAN PLANOGRAM PADA RETAIL SUKSES BARU. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (Grace Keren Hapu)
170609386 1.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
170609386 2.pdf Download (593kB) | Preview |
|
|
Text
170609386 3.pdf Download (739kB) | Preview |
|
Text
170609386 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
170609386 5.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
||
|
Text
170609386 6.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
170609386 7.pdf Download (887kB) | Preview |
Abstract
Pengelolaan tata letak yang baik dan menarik pada suatu retail sangat dibutuhkan karena dapat mempengaruhi pendapatan serta perilaku impuls buying konsumen. Retail Sukses Baru merupakan retail yang menjual berbagai macam barang kebutuhan sehari-hari dan sembako. Pencarian dan pendataan barang dagangan pada Retail Sukses Baru sering kali mengalami hambatan serta memakan waktu yang lama. Selain itu peletakan display barang pada Retail Sukses Baru juga tidak menggunakan pengelompokan barang atau dasar lainnya. Karena display yang tidak teratur tersebut menyebabkan pula banyak ditemukan barang yang rusak maupaun kadaluarsa karena menimpa antara satu dengan yang lainnya. Pembeli yang datangpun harus bertanya dan menunggu karena tidak dapat dilayani dengan cepat sehingga pembeli hanya datang untuk membeli barang yang telah direncanakan di awal saja. Hal ini dapat mempengaruhi jumlah pendapatan sehingga Retail Sukses Baru membutuhkan rancangan peletakan barang yang berguna untuk mempercepat dalam pencarian barang serta meminimalisir barang yang rusak. Pada penelitian ini, dilakukan perancangan peletakan barang dengan planogram yang menggunakan metode Activity Based Bosting (ABC) serta merchandise hierarchy. Data utama yang digunakan yaitu data penjualan serta data kuesioner prioritas pencarian barang oleh konsumen. Hasil penelitian merupakan usulan perancangan planogram yang didapatkan dari pengaplikasian pengolahan data penjualan dengan metode ABC serta merchandise hierarchy dari data kuesioner prioritas pencarian barang oleh konsumen.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | planogram, Activity Based Costing, merchandise hierarchy |
Subjects: | Teknik Industri > Sistem Kerja |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor 4 uajy |
Date Deposited: | 10 Mar 2022 10:16 |
Last Modified: | 10 Mar 2022 10:16 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26589 |
Actions (login required)
View Item |