USULAN RANCANGAN PLANOGRAM PADA RETAIL SUKSES BARU

Hapuk, Grace Keren (2021) USULAN RANCANGAN PLANOGRAM PADA RETAIL SUKSES BARU. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Grace Keren Hapu)
170609386 1.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170609386 2.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170609386 3.pdf

Download (739kB) | Preview
[img] Text
170609386 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
170609386 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img]
Preview
Text
170609386 6.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170609386 7.pdf

Download (887kB) | Preview

Abstract

Pengelolaan tata letak yang baik dan menarik pada suatu retail sangat dibutuhkan karena dapat mempengaruhi pendapatan serta perilaku impuls buying konsumen. Retail Sukses Baru merupakan retail yang menjual berbagai macam barang kebutuhan sehari-hari dan sembako. Pencarian dan pendataan barang dagangan pada Retail Sukses Baru sering kali mengalami hambatan serta memakan waktu yang lama. Selain itu peletakan display barang pada Retail Sukses Baru juga tidak menggunakan pengelompokan barang atau dasar lainnya. Karena display yang tidak teratur tersebut menyebabkan pula banyak ditemukan barang yang rusak maupaun kadaluarsa karena menimpa antara satu dengan yang lainnya. Pembeli yang datangpun harus bertanya dan menunggu karena tidak dapat dilayani dengan cepat sehingga pembeli hanya datang untuk membeli barang yang telah direncanakan di awal saja. Hal ini dapat mempengaruhi jumlah pendapatan sehingga Retail Sukses Baru membutuhkan rancangan peletakan barang yang berguna untuk mempercepat dalam pencarian barang serta meminimalisir barang yang rusak. Pada penelitian ini, dilakukan perancangan peletakan barang dengan planogram yang menggunakan metode Activity Based Bosting (ABC) serta merchandise hierarchy. Data utama yang digunakan yaitu data penjualan serta data kuesioner prioritas pencarian barang oleh konsumen. Hasil penelitian merupakan usulan perancangan planogram yang didapatkan dari pengaplikasian pengolahan data penjualan dengan metode ABC serta merchandise hierarchy dari data kuesioner prioritas pencarian barang oleh konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: planogram, Activity Based Costing, merchandise hierarchy
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 10 Mar 2022 10:16
Last Modified: 10 Mar 2022 10:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26589

Actions (login required)

View Item View Item