Redesain Mesin Spinner pada UMKM Putri 21 Menggunakan Finite Element Analysis Software SOLIDWORK 2018

Nugroho, Rafael Prakosa (2021) Redesain Mesin Spinner pada UMKM Putri 21 Menggunakan Finite Element Analysis Software SOLIDWORK 2018. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Rafael Prakosa Nugroho)
170609241 0.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170609241 1.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170609241 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
170609241 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB)
[img]
Preview
Text
170609241 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
170609241 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img]
Preview
Text
170609241 6.pdf

Download (859kB) | Preview

Abstract

Industri kreatif merupakan sebuah industri yang memanfaatkan kreativitas, keterampilan untuk menciptakan lapangan kerja dengan mengeksploitasi daya kreasi dan cipta individu tersebut. Perkembangan industri kreatif di Indonesia sudah cukup banyak dibuktikan dengan presentasi penyumbangan sektor industri kreatif pada PDB Indonesia yang cukup signifikan. Kemunculan industri kreatif di Indonesia tidak selalu berjalan dengan apa yang diharapkan, ada banyak industri kreatif yang mengalami permasalahan mengenai efisiensi proses produksi. Salah satu contoh industri kreatif yang mengalami masalah efisiensi produksi adalah UMKM Putri 21. Masalah efisiensi yang terjadi pada UMKM ini ada pada proses penirisan tepung dan keripik menggunakan mesin Spinner. Foundational Bolt yang ada pada mesin Spinner di UMKM sering melonggar sehingga membuat mesin tidak aman ketika digunakan karena memiliki risiko untuk jatuh menumpahkan isi yang ada pada mesin. Pemilik UMKM sebelumnya memilih memberhentikan produksi selama foundational bolt masih longgar dan menunggu pihak ketiga untuk melakukan maintenance mesin. Mesin Spinner merupakan mesin yang sangat penting pada proses produksi di UMKM sebab produk UMKM yang berupa Mie Instan dan keripik perlu ditiriskan agar lebih awet Ketika dijual. permasalahan ini dapat diselesaikan secara preventif yaitu dengan melakukan perbaikan desain rangka mesin spinner. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan alternatif desain mesin spinner yang dapat memperkecil kemungkinan melonggarnya foundational bolt. Tools yang digunakan untuk mendapatkan desain yang optimal adalah Finite Element Analysis terutama yang menguji tentang getaran lebih spesifik pada Natural Frequency dan Harmonic Response. Proses Finite Element Analysis dilakukan menggunakan bantuan software SOLIDWORK 2018. Proses awal dari penelitian ini adalah redrawing assembly mesin spinner yang dimiliki UMKM Putri 21. Hasil desain redrawing kemudian diproses menggunakan simulasi Natural Frequency dan Harmonic Response, dari hasil analisis tersebut maka dapat dirancang alternatif desain baru yang lebih tahan terhadap perambatan getaran motor. Alternatif desain mesin spinner yang didapat adalah mesin dengan rangka bawah besi profil Hollow, Iwf, atau penambahan support mesin pada bagian kanan-kiri mesin. Luaran dari penelitian ini berupa desain mesin Spinner yang paling optimal bagi UMKM Putri 21 dari ketiga alternatif yang didapatkan. Dasar yang digunakan untuk menentukan desain yang paling optimal adalah hasil FEA berupa simulasi Natural Frequency dan Harmonic Response pada desain alternatif. Hasilnya didapatkan rangka bawah besi Hollow menjadi desain yang paling optimal dalam meminimalisir melonggarnya foundational bolt.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Industri Kreatif; UMKM Putri 21; Finite Element Analysis; SOLIDWORK 2018; Natural Frequency ; Harmonic Response.
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 14 Mar 2022 09:54
Last Modified: 14 Mar 2022 09:54
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26604

Actions (login required)

View Item View Item