STRUKTUR, PERILAKU, DAN KINERJA INDUSTRI KREATIF SUBSEKTOR ADVERTISING DI INDONESIA TAHUN 2016-2018

Renoati, Anindhita Dipa (2019) STRUKTUR, PERILAKU, DAN KINERJA INDUSTRI KREATIF SUBSEKTOR ADVERTISING DI INDONESIA TAHUN 2016-2018. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Anindhita Dipa Renoati)
151122082_bab 0.pdf

Download (813kB) | Preview
[img]
Preview
Text
151122082_bab 1.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
151122082_bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
151122082_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text
151122082_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
151122082_bab 5.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis struktur, perilaku, dan kinerja industri kreatif subsektor advertising tahun 2016 - 2018 serta untuk melihat korelasi antara struktur pasar dengan kinerja. Data menggunakan data sekunder bersumber dari Bursa Efek Indonesia (BEl). Alat analisis yang digunakan adalah rasio konsentrasi dan Indeks Hirschman - Herfindahl (IHH) untuk mengukur struktur pasar, analisis laporan keuangan untuk mengukur kinerja, perilaku dianalisis menggunakan analisis deskriptif sedangkan untuk korelasi menggunakan Person Correlation. Struktur pasar dalam industri periklanan tahun 2016 - 2018 dengan a1at konsentrasi rasio untuk 2 dan 3 perusahaan dengan pangsa pasar tertinggi menunjukan bahwa struktur pasar masuk kedalam oligopoli konsentrasi tinggi dan oligopoli penuh. Berdasarkan pendekatan metode IHH, industri periklanan tahun 2016 - 2018 tergolong sangat terkonsentrasi. Perilaku industri menunjukkan Strategi harga banyak dimanfaatkan oleh kelompok perusahaan dengan pangsa pasar yang besar (market leader) dan akan diikuti oleh perusahaan - perusahaan lainnya (follower). Kinerja industri berdasarkan analisis laporan keuangan menunjukkan bahwa rasio likuiditas pada tahun 2016 - 2018, Graha Layar Prima Tbk (BLTZ), PT Jasuindo Tiga Perkasa Tbk (JTPE), dan PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARl) merupakan yang terbaik, dilihat dari rasio profitabilitas perusahaan PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) dan MARl merupakan yang terbaik, apabila dilihat dari manajemen aset dan hutang perusahaan MARl, BLTZ, SCMA, PT Fortune Indonesia Tbk (FORU), PT MNC Sky Vision Tbk (MSKY), PT Intennedia Capital Tbk (MDIA), dan PT First Media Tbk (KBL V) merupakan yang terbaik. korelasi antara struktur pasar (pangsa pasar) dengan kinerja menunjukkan nilai korelasi antara pangsa pasar dengan total assets turnover ratio memiliki hubungan yang kuat dan searah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: industri kreatif, periklanan, struktur industri, perilaku industri, kinerja industri, korelasi.
Subjects: Ilmu Ekonomi > Swadaya Manusia
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 25 Mar 2022 13:42
Last Modified: 05 Apr 2022 11:04
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26627

Actions (login required)

View Item View Item