PROSES KOMUNIKASI VERBAL ANTARA PELATIH DAN PESERTA MEDITASI ONLINE (Studi Deskriptif Kualitatif di Rumah Keheningan pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019)

WUNDRI, ANGELA ANGGERKA CAHYANING (2022) PROSES KOMUNIKASI VERBAL ANTARA PELATIH DAN PESERTA MEDITASI ONLINE (Studi Deskriptif Kualitatif di Rumah Keheningan pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANGELA ANGGERKA CAHYANING WUNDRI)
160906007 0.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160906007 1.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160906007 2.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text
160906007 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img]
Preview
Text
160906007 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) membuat sebagian orang stress, khawatir yang berlebihan, dan mudah cemas. Keadaan yang tak kunjung membaik memaksa masyarakat untuk melakukan segala kegiatan dari dalam rumah. Di tengah masa pandemi, Rumah Keheningan dibentuk untuk orang - orang yang membutuhkan latihan meditasi di rumah, dimana pelaksanaannya dapat dilakukan secara online. Meditasi kemudian dipilih oleh sebagian orang sebagai alternatif untuk penyembuhan jiwa. Meditasi dianggap sebagai jalan yang efektif sebab pelaksanaannya yang mudah dan murah. Berdasarkan hasil testimoni, ditemukan bahwa latihan meditasi di Rumah Keheningan mampu memberi efek positif pada peserta walaupun pelaksanaannya dilakukan secara online. Oleh sebab itu, penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui proses komunikasi verbal antara pelatih dan peserta meditasi online di Rumah Keheningan. Proses komunikasi verbal dalam penelitian ini dianalisis menggunakan elemen dalam teori komunikasi Wilbur Schraam yang melikupi source, encoder, destination, decoder, field of experience, dan signal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode wawancara mendalam. Analisis dalam penelitian ini kemudian dikaitkan pula dengan komunikasi verbal dan teori new media untuk menganalisis efek pesan terhadap proses pemahaman peserta dalam latihan meditasi di Rumah Keheningan yang dilakukan secara online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelancaran proses komunikasi verbal di Rumah Keheningan ditentukan oleh pemilihan kata yang digunakan dalam pesan atau materi yang diberikan pelatih. Semakin sederhana kata yang digunakan maka akan semakin bagus untuk menstimulus peserta. Walaupun tidak semua peserta mampu memahami pesan secara utuh, namun pesan di Rumah Keheningan mampu menstimulus pesertanya. Hal ini dilihat dengan adanya kesesuaian antara pemahaman peserta dengan pesan yang dikirimkan Rumah Keheningan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Proses Komunikasi, Komunikasi Verbal, Meditasi di Masa Pandemi
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 12 May 2022 13:42
Last Modified: 12 May 2022 13:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26759

Actions (login required)

View Item View Item