PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF, PERSEPSI KONTROL PERILAKU, KOMITMEN PROFESIONAL TERHADAP NIAT WHISTLEBLOWING

Novianti, Maria Seba (2022) PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF, PERSEPSI KONTROL PERILAKU, KOMITMEN PROFESIONAL TERHADAP NIAT WHISTLEBLOWING. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Maria Seba Novianti)
15 04 22132 0.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 04 22132 1.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 04 22132 2.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text
15 04 22132 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
15 04 22132 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img]
Preview
Text
15 04 22132 5.pdf

Download (659kB) | Preview

Abstract

Whistleblowing merupakan pelaporan yang dilakukan oleh anggota dalam sebuah organisasi (aktif atau non aktif) mengenai pelanggaran, tindakan ilegal ataupun tidak bermoral kepada pihak dalam dan luar organisasi. Dalam universitas peran whistleblower sering digunakan sebagai Pengurang angka kecurangan akademik di kalangan mahasiswa, yang terjadi berupa kecurangan ketika Ujian dan plagiat. Dengan adanya bisa whistleblower dalam universitas lingkungan dalam universitas juga akan jauh lebih sehat. Hal tersebut juga akan menjadi nilai tambah bagi universitas agar dapat diperhitungkan di dalam dunia kerja nantinya. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa universitas Atmajaya Yogyakarta jurusan Akuntansi. Mahasiswa yang ikut ambil bagian atau ikut berpartisipasi ialah mereka yang sudah mengikuti kelas etika bisnis dan profesi dan pengauditan 1. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan penyebaran kuesioner secara daring melalui sosial media. Pada proses perizinan, penyebaran, dan pengambilan kuesioner ini mulai dilaksanakan dari mulai bulan Mei sampai bulan Oktober. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa sikap, norma subjektif, kontrol perilaku, dan komitmen profesional berpengaruh positif terhadap niat whistleblowing. Berdasarkan keterbatasan yang di alami oleh peneliti maka peneliti memberikan beberapa saran. Saran yang pertama adalah memperluas penelitian tidak ada satu populasi, seperti mengambil sampel pada beberapa universitas yang memungkinkan. Saran yang kedua adalah ketika melakukan xi penyebaran kuesioner sebisa mungkin dilakukan pendampingan pada saat Pengisian kuesioner agar tidak terjadi bias.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: whistleblowing, whistleblower, sikap, komitmen profesional, norma subjektif, persepsi kontrol perilaku.
Subjects: Akuntansi > Perpajakan / Sektor Publik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 18 May 2022 10:29
Last Modified: 18 May 2022 10:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26812

Actions (login required)

View Item View Item