PENGARUH PESAN IKLAN ENDORSEMENT DI TIKTOK @TASYAFARASYA TERHADAP MINAT BELI PRODUK KECANTIKAN SOMETHINC GAME CHANGER TRIPEPTIDE EYE CONCENTRATE GEL DI MASA PANDEMI COVID-19

RANI, RR DEAJENG PUSPA (2022) PENGARUH PESAN IKLAN ENDORSEMENT DI TIKTOK @TASYAFARASYA TERHADAP MINAT BELI PRODUK KECANTIKAN SOMETHINC GAME CHANGER TRIPEPTIDE EYE CONCENTRATE GEL DI MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (RR DEAJENG PUSPA RANI)
170906473 0.pdf

Download (1MB)
[img] Text
170906473 1.pdf

Download (906kB)
[img] Text
170906473 2.pdf

Download (473kB)
[img] Text
170906473 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB)
[img] Text
170906473 4.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pesan iklan endorsement di Tiktok @TasyaFarasya terhadap minat beli produk kecantikan Somethinc Game Changer Tripeptide Eye Concentrate Gel di masa pandemi Covid-19. TikTok yang merupakan aplikasi yang baru saja kembali digunakan pada tahun 2020 setelah sebelumnya telah diblokir oleh Kominfo. Pada aplikasi tersebut terdapat iklan endorsement yang disampaikan oleh Tasya Farasya yang untuk mempromosikan Somethinc Game Changer Tripeptide Eye Concentrate Gel di masa pandemi Covid-19. Dimana pada masa pandemi kebutuhan pokok merupakan hal yang lebih diutamakan dari pada membeli produk skincare. Namun,terdapat komentar yang terlihat memiliki minat beli pada produk tersebut meskipun pada iklan endorsement di Tiktok @TasyaFarasya ia menyampaikan pesan iklan dan tidak menunjukkan testimoni yang telah dikatakan pada video yang diunggah olehnya. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, dan dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah purposive sampling dan peneliti menggunakan teknik survei dengan menyebarkan kuesioner menggunakan Google Form sebagai metode pengumpulan data. Sampel pada penelitian ini adalah 100 responden yang merupakan followers @TasyaFarasya di akun Tiktok pribadi miliknya. Kuesioner yang digunakan telah memenuhi uji validitas dan uji reliabilitas, serta uji Regresi Linier Sederhana. vi Hasil pengujian dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linear sederhana, uji t dan uji F. Hasil uji validitas pada penelitian ini besar r tabel untuk 100 responden adalah 0,195 dan hasil menunjukkan bahwa semua instrumen baik pesan iklan (X) dan juga minat beli (Y) memiliki nilai lebih dari r table sehingga seluruh instrument valid. Kemudian untuk uji reliabilitas terhadap variabel pesan iklan sebesar 0,934 dinyatakan reliable dan pada variabel minat beli, Cronbach’s Alpha sebesar 0,882 sehingga dinyatakan reliabel. Hasil uji regresi linier sederhana pada penelitian in adalah bahwa pengaruh variabel bebas (pesan iklan endorsement) memberikan pengaruh sebesar 55,6% terhadap variabel terikat (minat beli) sedangkan sisanya yang sebesar 0,444 atau 44,4% dipengaruhi oleh variabel yang tidak dijelaskan dan diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pesan Iklan, Endorsement, Uji Regresi Linier Sederhana, Minat Beli
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 18 May 2022 10:45
Last Modified: 18 May 2022 10:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26815

Actions (login required)

View Item View Item