STRATEGI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PROGRAM KLINIK APUNG PT KIMIA FARMA TBK DI LOMBOK, NUSA TENGGARA BARAT

SINELEYAN, MARCELINO BRATHA (2022) STRATEGI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PROGRAM KLINIK APUNG PT KIMIA FARMA TBK DI LOMBOK, NUSA TENGGARA BARAT. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MARCELINO BRATHA SINELEYAN)
180906700 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906700 1.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906700 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
180906700 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
180906700 4.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

CSR Klinik Apung merupakan program tanggung jawab sosial perusahaan yang berhasil mendapatkan penghargaan TOP CSR Awards 2021 dengan kategori peningkatan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi corporate social responsibility yang digunakan oleh PT Kimia Farma Tbk dalam membentuk program CSR Klinik Apung di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kimia Farma menggunakan komponen dari CSR, termasuk di dalamnya alasan dilakukannya CSR, jenis CSR, Triple Bottom Line CSR, prinsip CSR, piramida CSR, dan CSR Process Model dari Coombs dan Holladay serta manajemen komunikasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan datanya adalah wawancara dan studi dokumen. Narasumber terdiri dari dua orang, yaitu Irwan Setiawan dan Rizki Oktavianus selaku Asisten Manajer Corporate Communication dan PKBL dan CSR dari PT Kimia Farma Tbk. Studi deskriptif yang dilakukan menerapkan triangulasi data untuk membandingkan antara data wawancara dengan data internal milik PT Kimia Farma Tbk. Hasilnya, PT Kimia Farma Tbk membentuk program CSR Klinik Apung dengan dasar piramida yaitu Philanthropic Responsibility serta susunan tertatas piramida ada pada Economic Responsibilitiy. Hal ini mengalami pergeseran dari teori susunan hirarki piramida CSR yang dikemukakan oleh Carrol menjelaskan bahwa dasar dari piramida CSR adalah Economic Responsibility. Profit bukan menjadi prioritas utama dalam tujuan pembentukan program, melainkan pengubahan habit masyarakat menjadi misi utama yang sejalan dengan RPJMN kebijakan pemerintah terkait bidang kesehatan. Namun, strategi yang digunakan ditunjukkan pada CSR Process Model yang dilakukan pada aspek CSR dan dilandasi oleh manajemen komunikasi oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Corporate Social Responsibility, CSR Process Model, Manajemen Komunikasi, Klinik Apung, Kimia Farma.
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 19 May 2022 09:57
Last Modified: 19 May 2022 09:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26840

Actions (login required)

View Item View Item