PENGARUH KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN VAPE (ROKOK ELEKTRIK) DI SHOPEE INDONESIA

Budiyanto, Brilliant Lorenzo (2022) PENGARUH KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN VAPE (ROKOK ELEKTRIK) DI SHOPEE INDONESIA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Brilliant Lorenzo Budiyanto)
170323399_bab 0.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323399_bab 1.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323399_bab 2.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text
170323399_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
170323399_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
170323399_bab 5.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Teknologi dan informasi di dunia khususnya internet mengalami perkembangan yang sangat pesat. Internet merupakan media yang ekonomis untuk digunakan sebagai basis sistem informasi. Hal ini menyebabkan internet menjadi media elektronik yang populer untuk menjalankan bisnis, yang kemudian dikenal dengan istilah e-commerce. Salah satu toko online di Indonesia adalah Shopee. Shopee yang merupakan toko online retailer yang menawarkan berbagai produk. Shopee pada tahun 2020 menjadi e-commerce yang memiliki pengunjung terbanyak di bandingkan dengan e-commerce lainnya. Masih banyak masyarakat yang memiliki kepercayaan yang kecil bahkan beberapa dari masyarakat tidak menaruh kepercayaan sama sekali terhadap sistem jual beli secara online dikarenakan sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa berbelanja online memiliki beberapa kerugian. Kepercayaan merupakan suatu faktor yang berkaitan penting dengan niat beli secara online, karena dalam pembelian online dilakukan secara tidak langsung atau penjual dan pembeli tidak bertemu langsung. Menurut Picaully (2018) kepercayaan merupakan salah satu aspek psikologi yang bisa mempengaruhi niat pembelian dan mengatakan bahwa kepercayaan online berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepercayaan pelanggan dapat mempengaruhi niat pembelian di Shopee Indonesia. Objek Penelitian di dalam penelitian ini adalah para pengguna Vape yang sudah berumur 18 tahun keatas dan pernah melakukan pembelian Vape di Shopee 6 Bulan Terakhir. Sampel yang digunakan di dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan kuantitatif dengan melakukan survey menggunakan google form yang disebarkan kepada responden yang memenuhi syarat. Data yang telah terkumpul kemudian di olah menggunakan program pengolahan data SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kepercayaan pelanggan sangat berpengaruh terhadap niat pembelian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan, Niat Pembelian
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 20 May 2022 11:24
Last Modified: 20 May 2022 11:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26863

Actions (login required)

View Item View Item