Pradana, Johannes Pandu (2022) ANALISIS EFEKTIVITAS BIAYA KUALITAS PADA HOTEL BOROBUDUR HILLS DI MAGELANG. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Johannes Pandu Pradana)
170423186_bab 0.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
170423186_bab 1.pdf Download (614kB) | Preview |
|
|
Text
170423186_bab 2.pdf Download (716kB) | Preview |
|
Text
170423186_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) |
||
Text
170423186_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
170423186_bab 5.pdf Download (793kB) | Preview |
Abstract
Kualitas produk atau jasa adalah salah satu fokus utama perusahaan di masa sekarang. Produk atau jasa yang berkualitas akan membuat perusahaan menjadi unggul, sehingga perusahaan harus melakukan aktivitas-aktivitas kualitas yang berkelanjutan. Hotel Borobudur Hills dihadapkan pada masalah di mana kinerja dan adanya testimoni negatif dari konsumen. Sedangkan pihak manajemen telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas jasa yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi biaya kualitas dan tingkat kesuksesan aktivitas-aktivitas yang telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas jasa. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Langkah analisis data mencakup: mengidentifikasi aktivitas-aktivitas kualitas yang telah dilakukan pihak manajemen hotel, mengidentifikasi sumersumber ekonomi yang digunakan untuk melakukan aktivitas kualitas, mengelompokan biaya kualitas ke dalam 4 jenis biaya kualitas yaitu biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya kegagalan internal, dan biaya kegagalan eksternal, melakukan perhitungan perubahan biaya pengendalian dan biaya kegagalan tahun 2018-2020, menilai efektivitas biaya kualitas dengan membandingkan persenntase perubahan biaya pengendalian dan biaya kegagalan tahun 2018-2020. Hasil penelitian menunjukan bahwa biaya kualitas tahun 2019 dan 2020 sudah efektif. Biaya pengendalian pada 2019 mengalami kenaikan sebesar 6,60% dan biaya kegagalan mengalami penurunan sebesar 50,61%. Sedangkan pada tahun 2020 biaya pengendalian mengalami penurunan 2,55% dan biaya kegagalan mengalami penurunan sebesar 65,47%. Tahun 2020 merupakan tahun di mana terjadi pandemi Covid-19 yang menyebabkan sangat sedikit tamu yang datang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas, Biaya Kualitas, Efektivitas Biaya Kualitas. |
Subjects: | Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 25 May 2022 09:16 |
Last Modified: | 25 May 2022 09:16 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26927 |
Actions (login required)
View Item |