EFEKTIVITAS INSTAGRAM ADS BERDASARKAN PERHITUNGAN CUSTOMER RESPONSE INDEX DENGAN KONSEP AISAS (Studi Deskriptif Kuantitatif Instagram Ads “Discover Labuan Bajo” Waturanda Trip pada Followers Akun @waturandatrip)

SETIAWAN, EMMANUELLA CLARITA (2022) EFEKTIVITAS INSTAGRAM ADS BERDASARKAN PERHITUNGAN CUSTOMER RESPONSE INDEX DENGAN KONSEP AISAS (Studi Deskriptif Kuantitatif Instagram Ads “Discover Labuan Bajo” Waturanda Trip pada Followers Akun @waturandatrip). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EMMANUELLA CLARITA SETIAWAN)
17 09 06183 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 09 06183 1.pdf

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 09 06183 2.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
17 09 06183 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img]
Preview
Text
17 09 06183 4.pdf

Download (444kB) | Preview

Abstract

Sebagai salah satu bentuk dari bauran komunikasi pemasaran, iklan memiliki peran penting untuk memberikan informasi kepada calon konsumen. Selain pesan yang disampaikan dalam sebuah iklan, media yang digunakan juga memiliki peran dalam efektivitasnya untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Saat ini, media social menjadi salah satu media yang memiliki jumlah pengguna cukup tinggi dan berpotensi dalam berbagai kegiatan komunikasi pemasaran. Instagram merupakan salah satu media yang memiliki fitur beriklan, yaitu Instagram Ads. Pada penelitian ini, peneliti berfokus untuk melihat bagaimana efektivitas Instagram Ads pada iklan “Discover Labuan Bajo” Waturanda Trip berdasarkan perhitungan Customer Response Index dengan konsep AISAS dari Dentsu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan penyebaran kuesioner pada followers akun Instagram @waturandatrip. Melalui kuesioner yang disebarkan, peneliti berusaha menggali respon audiens dengan berlandaskan pada tahapan-tahapan hierarki respon AISAS yaitu attention, interest, search, action dan share. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan “Discover Labuan Bajo” efektif pada model CRI AIS dengan nilai 58%, yang artinya iklan tersebut efekltif dalam melakukan komunikasi pemasaran dengan tujuan memberikan informasi karena responden telah melewati tahap attention, interest dan share. Namun, iklan ini dapat dikatakan kurang efektif apabila tujuannya adalah action atau penjualan karena nilai CRI AISAS, atau dengan kata lain responden yang melewati tahap attention, interest, search, action hingga share hanya memiliki nilai sebesar 32%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Iklan, Instagram Ads, CRI, AISAS
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 23 Aug 2022 11:27
Last Modified: 23 Aug 2022 11:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27195

Actions (login required)

View Item View Item