DIALEKTIKA PEMANFAATAN MEDIA BERBASIS INTERNET DALAM RELASI KOMUNIKASI WARGA GEREJA (Studi Kasus di Greja Kristen Jawi Wetan Majelis Daerah Madiun pada Masa Pandemi)

Putri, Devita Widyana (2022) DIALEKTIKA PEMANFAATAN MEDIA BERBASIS INTERNET DALAM RELASI KOMUNIKASI WARGA GEREJA (Studi Kasus di Greja Kristen Jawi Wetan Majelis Daerah Madiun pada Masa Pandemi). S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Devita Widyana Putri)
185502878_Bab 0.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
185502878_Bab 1.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
185502878_Bab 2.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text
185502878_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
185502878_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB)
[img]
Preview
Text
185502878_Bab 5.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dialektika pemanfaatan teknologi media berbasis internet dalam relasi komunikasi warga gereja. Pemanfaatan teknologi dalam pelaksanaan ibadah gereja memang sangat sensitif untuk dibahas apalagi dengan gereja yang masih menganut tata cara ibadah yang tradisional. Namun, semakin pesatnya perkembangan teknologi telah membuat gereja dipaksa untuk mampu beradaptasi dengan adanya teknologi. Adanya pandemi membuat GKJW mau tidak mau harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi, ditambah lagi dengan adanya pandemi saat ini. Namun, ketika GKJW mulai beradaptasi muncullah pro dan kontra dari para jemaat yang akhirnya menyebabkan adanya dialektika. Dialektika merupakan sebuah proses yang merupakan perjumpaan antara dua variabel yang saling bertentangan dan dari pertentangan tersebut nantinya akan memunculkan sebuah keadaan atau solusi yang baru. Sehingga dialetika ini juga dapat dikatakan sebuah proses perubahan. Dialektika yang terjadi antara jemaat golongan muda dan jemaat sepuh membuat adanya perbedaan pendapat terkait pelaksanaan ibadah online. Jemaat muda sangat mendukung dan selalu ikut ambil bagian dalam pelaksanaan ibadah online, namun bagi jemaat yang sudah sepuh, ibadah online dipandang sebagai ibadah yang kurang dan suasananya tidak mendukung. Penelitian ini menggunakan teori Dialektika secara umum, teori Informasi Organisasi menurut Karl Weick dan juga teori Media Baru. Letak objek penelitian, dilakukan di GKJW Jemaat Madiun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan wawancara. Wawancara dilakukan dengan mewawancarai para pendeta, majelis dan juga para jemaat golongan tua dan muda. Wawancara ini dilakukan supaya mengetahui dialektika pemanfaatan teknologi media dalam pelaksanaan ibadah online. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya perbedaan pendapat dari jemaat muda terkait pemanfaatan teknologi membuat para pemuda lebih gencar dalam menggunakan teknologi. Selain itu, para pemuda juga sangat mendukung dalam pelaksanaan ibadah online dan mendukung peraturan baru gereja mengenai ibadah online.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Teknologi Informasi, relasi komunikasi, dialetika, media
Subjects: Magister Ilmu Komunikasi > Manajemen Komunikasi Publik
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 23 Aug 2022 13:52
Last Modified: 23 Aug 2022 13:52
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27199

Actions (login required)

View Item View Item