PERENCANAAN PROGRAM MEDIA RELATIONS DALAM UPAYA MENINGKATKAN PUBLISITAS DI PRIME PLAZA HOTEL JOGJAKARTA

LESTARI, NI PUTU GITA YUNDA (2022) PERENCANAAN PROGRAM MEDIA RELATIONS DALAM UPAYA MENINGKATKAN PUBLISITAS DI PRIME PLAZA HOTEL JOGJAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NI PUTU GITA YUNDA LESTARI)
150905630 0.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150905630 1.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150905630 2.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text
150905630 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img]
Preview
Text
150905630 4.pdf

Download (584kB) | Preview

Abstract

Keberadaan media bagi sebuah perusahaan hingga saat ini masih sangat menjadi hal yang penting. Media masih membantu banyak hal dalam berjalannya sebuah perusahaan seperti menampilkan citra atau image yang baik melalui pemberitaan. Maka penting dalam sebuah perusahaan melalui peran seorang Public Relations membangun relasi yang baik dengan media. Agar relasi tersebut dapat berjalan dengan maksimal maka sebaiknya perlu adanya proses perencanaan dalam relasi tersebut. Proses perencanaan program hubungan media atau media relations tersebut diwujudkan dalam tahapan perencanaan komunikasi strategis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses perencanaan program media relations yang dilakukan oleh PR Officer dan dibantu oleh Director of Sales & Marketing Prime Plaza Hotel Jogjakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk memperoleh data dan informasi mengenai tahapan-tahapan perencanaan program media relations yang dilakukan Prime Plaza Hotel Jogjakarta. Dalam analisisnya penelitian ini menggunakan teori-teori perencanaan komunikasi strategis untuk melihat tahapan-tahapan sebuah proses perencanaan program, teori public relations dan teori media relations. Hasil penelitian ini menunjukkan Prime Plaza Hotel Jogjakarta melakukan proses perencanaan dalam program media relation. Perencanaan tersebut menggunakan pertimbangan evaluasi dan perencanaan jangka panjang dari program yang telah dijalankan. Perencanaan ini juga menggunakan tahapan perencanaan komunikasi strategis yaitu, (1) diskusi dan analisis dalam mengelompokkan media dan menentukan target program, (2) penentuan planning dan timeline dalam skala besar hingga kecil, (3) menentukan perencanaan pelaksanaan program berdasarkan strategi yang telah ditetapkan, (4) implementasi program dalam bentuk aktivitas-aktivitas media relations, (5) melihat respon atau feedback yang diberikan oleh media dan (6) melakukan evaluasi program. Secara keseluruhan perencanaan ini disusun berdasarkan kebutuhan, kondisi dan strategi komunikasi yang sudah ditetapkan oleh Prime Plaza Hotel Jogjakarta agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Komunikasi Strategis, Public Relations, Media Relations.
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 25 Aug 2022 13:36
Last Modified: 25 Aug 2022 13:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27221

Actions (login required)

View Item View Item