PERHITUNGAN BIAYA PRODUKSI PADA PESANAN KEMEJA Studi Kasus Pada Dakota Konveksi

Austin, Brigitta Dewi (2022) PERHITUNGAN BIAYA PRODUKSI PADA PESANAN KEMEJA Studi Kasus Pada Dakota Konveksi. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Brigitta Dewi Austin)
150421841_Bab 0.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150421841_Bab 1.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150421841_Bab 2.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text
150421841_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text
150421841_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img]
Preview
Text
150421841_Bab 5.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Biaya produksi merupakan biaya yang terbesar dari seluruh biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan. Sebagai perusahaan manufaktur tentu tidak lepas dari masalah biaya. Hal tersebut harus diperhitungkan secara tepat dan akurat. Pentingnya perhitungan pengeluaran biaya untuk memproduksi suatu produk membuat perusahaan membutuhkan suatu metode yang dapat mengumpulkan, mencatat, dan menghitung pengeluaran biaya yang disebut dengan metode biaya produksi. Perusahaan memerlukan perhatian yang akurat terhadap unsur-unsur biaya yang membentuk harga pokok produksi. Unsur-unsur yang membentuk harga pokok produksi antara lain adalah biaya bahan baku yang meliputi semua bahan yang merupakan bagian integral dari elemen biaya suatu produk. Biaya tenaga kerja langsung merupakan upah yang dibayarkan kepada karyawan yang melakukan pengubahan bahan baku menjadi produk jadi. Biaya overhead pabrikmeliputi semua biaya yang tidak dapat ditelusuri secara langsung ke suatu produk. Langkah-langkah analisis data adalah sebagai berikut : (1) Melakukan identifikasi dan menghitung biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan BOP (2) Menghitung biaya overhead pabrik dengan menggunakan tarif tunggal (3) Melakukan perhitungan biaya produksi berdasarkan konsep akuntansi biaya (4) melakukan evaluasi terkait pesanan yang ditolak perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biaya produksi pada pesanan kemeja. Objek penelitian ini adalah Dakota Konvesi yang terletak di Jl. Candi Sambisari, RT.01/RW.01, Kadirojo II, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara perhitungan harga pokok produksi menurut akuntansi biaya dengan menurut perusahaan. Dari perbandingan tersebut diperoleh informasi bahwa harga pokok produksi untuk pesanan kemeja bersifat overcosted.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Biaya Bahan Baku, Biaya Tenaga Kerja Langsung, Biaya Overhead Pabrik, Biaya Produksi Berdasarkan Konsep Akuntansi Biaya.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 30 Aug 2022 09:37
Last Modified: 30 Aug 2022 09:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27250

Actions (login required)

View Item View Item