KARAKTERISTIK PESAN KOMUNIKASI PEMASARAN DI MEDIA JEJARING SOSIAL (Analisis Deskriptif Kualitatif Pesan komunikasi Pemasaran di Media Jejaring Sosial Facebook pada Akun Sunsilk Indonesia)

Magistra K, Mario Alvrisky (2012) KARAKTERISTIK PESAN KOMUNIKASI PEMASARAN DI MEDIA JEJARING SOSIAL (Analisis Deskriptif Kualitatif Pesan komunikasi Pemasaran di Media Jejaring Sosial Facebook pada Akun Sunsilk Indonesia). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03551.pdf

Download (931Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03551.pdf

Download (1811Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03551.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1482Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03551.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6Mb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03551.pdf

Download (4Mb)

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan penguna internet di Indonesia yang cukup pesat beberapa dekade ini turut mempengaruhi perubahan landcape dunia komunikasi pemasaran. Pengguna Facebook di Indonesia yang menempati urutan tiga dunia menjadikan para komunikator pemasaran berbondong-bondong beralih menggunakan media ini dalam melakukan aktivitas komunikasi pemasarannya. Namun secara kajian teoritis ilmu komunikasi, hal ini menimbulkan sebuah pertanyaan dan kejanggalan tersendiri. Mengacu pada kerangka konsep yang dikemukakan oleh Wiliam I Gorden tentang fungsi komunikasi, media jejaring sosial seperti Facebook merupakan media yang didesain untuk menjalankan fungsi-fungsi sosial komunikasi seperti aktualisasi diri, menjalin relasi, dan memperoleh kesenangan. hal ini tidak sesuai dengan aktivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan di media tersebut, aktivitas komunikasi pemasaran memiliki fungsi komunikasi sebagai fungsi Instrumental dimana aktivitas kominikasi pemasaran memiliki fungsi menginformasikan, membujuk, dan tujuantujuan tertentu lainnya. Kejanggalan ini ternyata tidak sejalan dengan kenyataannya. Banyak merek-merek yang berhasil memanfaatkan media jejaring sosial sebagai media komunikasi pemasarannya, salah satunya merek sampo Sunsilk. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan karakteristik pesan komunikasi pemasaran di media sosial tersebut berangkat dari tinjauan fungsi komunikasi yang dimilikinya. Penelitian ini akan mendiskripsikan karakteristik pesan komunikasi pemasaran di media jejaring sosial Facebook pada akun Sunsilk Indonesia. Pemilihan Akun Sunsilk Indonesia didasarkan pada riset yang telah dikukan oleh majalah SWA bahwa akun tersebut merupakan salah satu akun yang berhasil di media sosial dan menjadikan merek yang paling diperbincangkan. Penelitian ini mengunakan beberapa teori seperti teori model desain pesan dan teori e-marketing communication sebagai guiding dalam melakukan penelitian. Peneliti juga menggunakan teori tentang komunikasi pemasaran dan komunitas merek virtual dalam melakukan interpretasi terhadap data. Sebagai teori yang mendasari permasalahan yang diangkat, peneliti menggunakan kerangka konsep tentang komunikasi pemasaran yang dikemukakan oleh William I Gorden. Penelitian ini dilakukan pada dokumentasi status akun Sunsilk Indonesia pada tanggal 1 April 2012 – 30 Juni 2012. Peneliti mengelompokannya berdasarkan fungsi komunikasi, level komunikasi, dan tujuan komunikasi komunikasi pemasaran yang dimilikinya. masing-masing kelompok karakteristik akan dideskripsikan menurut dimensi fisik, isi dan cara penyampaian pesannya. Penelitian ini menemukan bahwapesan komunikasi pemasaran di media jejaring sosial Facebook pada akun Sunsilk Indonesia memiliki karakteristik pesan yang memadukan fungsi sosial dan fungsi instrumental komunikasi. Pesan-pesan tersebut mampu menciptakan sebuah interaksi komunikasi antara merek dengan audiennya

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pesan, komunikasi pemasaran, media jejaring sosial
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2013 10:05
Last Modified: 01 May 2013 10:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/273

Actions (login required)

View Item View Item