PENGARUH TERPAAN KONTEN AKUN INSTAGRAM @SURPLUSPROJECT TERHADAP MINAT BELI PRODUK (Survei pada Followers Akun Instagram @surplusproject)

Kusuma, Bagas Aji (2022) PENGARUH TERPAAN KONTEN AKUN INSTAGRAM @SURPLUSPROJECT TERHADAP MINAT BELI PRODUK (Survei pada Followers Akun Instagram @surplusproject). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Bagas Aji Kusuma)
160905997 0.pdf

Download (942kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160905997 1.pdf

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160905997 2.pdf

Download (508kB) | Preview
[img] Text
160905997 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB)
[img]
Preview
Text
160905997 4.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan konten akun Instagram @surplusproject terhadap minat beli produk. Terpaan merupakan bentuk pesan yang sampai kepada konsumen atau individu yang menjadi target oleh kontenkonten suatu media secara berulang. Faktor di dalam terpaan terdapat frekuensi dan durasi. Frekuensi merupakan suatu pengukuran pengulangan dari pesan yang disampaikan oleh pemberi pesan dan seberapa besar penerima pesan diterpa oleh berbagai aktivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan pemberi pesan (Sissors & Baron, 2010). Durasi penggunaan media diukur dengan menghitung waktu yang digunakan khalayak ketika mengakses media. Durasi juga dipengaruhi oleh motif seseorang dalam mengakses media sosial, dan biaya penggunn internet. Pengukuran dapat dilakukan dalam satuan menit hingga jam perhari, maupun satuan menit hingga jam per minggu. Semakin tinggi frekuensi pengulangan terpaan akan memungkinkan konsumen memberi perhatian kepada pemberi pesan, peluang untuk konsumen mengingat merek, menimbulkan rasa ingin tahu dan minat beli dari produk. Minat beli berasal dari rangsangan luar membuat seseorang termotivasi untuk melakukan suatu tindakan. Konten-konten Instagram yang dibuat oleh @surplusproject bertujuan untuk menerpa followers akun Instagram @surplusproject dan diharapakan dapat menimbulkan rasa minat beli akan suatu produk. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksplanatif dengan teknik pengumpulan data metode survei dengan penyebaran kuesioner secara online kepada 400 responden yang merupakan followers akun Instagram @surplusproject. Hasil yang didapatkan dalam penelitian adalah terpaan konten sebesar 67,1% akan memengaruhi minat beli produk @surplusproject berdasarkan dari konten yang disajikan dan 32,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang berada di luar model atau kerangka dalam penelitian ini. terpaan konten dari @surplusproject berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Terpaan, Konten, Media Sosial, Minat Beli
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 01 Sep 2022 10:32
Last Modified: 01 Sep 2022 10:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27318

Actions (login required)

View Item View Item