STRATEGI KOMUNIKASI LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT (LSM) “SIGAB” DALAM PROSES ADVOKASI PEREMPUAN PENYANDANG DISABILITAS KORBAN KEKERASAN SEKSUAL

RAYMOND, IBRAHIM ADI PRASETYO VINCENTIUS (2022) STRATEGI KOMUNIKASI LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT (LSM) “SIGAB” DALAM PROSES ADVOKASI PEREMPUAN PENYANDANG DISABILITAS KORBAN KEKERASAN SEKSUAL. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IBRAHIM ADI PRASETYO VINCENTIUS RAYMOND)
170906417 0.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906417 1.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906417 2.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text
170906417 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img]
Preview
Text
170906417 4.pdf

Download (534kB) | Preview

Abstract

Penyandang Disabilitas di Indonesia seringkali menjadi korban dari kejahatan kekerasan seksual, terutama pada perempuan penyandang disabilitas. Kasus-kasus ini menunjukkan adanya penindasan pada hak-hak yang dimiliki oleh manusia seperti yang diatur dalam undang-undang. SIGAB sebagai lembaga swadaya masyarakat yang telah berdiri lebih dari belasan tahun memiliki fokus pada hak-hak penyandang disabilitas melalui berbagai program kerja, salah satunya advokasi. Proses advokasi yang dilakukan oleh SIGAB berulangkali menuai hasil yang positif berupa kemenangan bagi penyandang disabilitas pada persidangan, sehingga hak korban dapat dipertahankan dan pelaku kejahatan mendapatkan hukuman agar jera dan tidak mengulang kejahatan yang sama. Proses advokasi tidak lepas dari komunikasi yang terjadi antar berbagai pihak seperti tim advokasi SIGAB pada korban, kejaksaan, saksi ahli, dan pihak lainnya dalam persidangan. Komunikasi diperlukan untuk menciptakan interaksi yang kuat dalam rangka mengatur strategi komunikasi dalam proses advokasi. Dalam prosesnya, peran strategi komunikasi pada proses advokasi meliputi unsurunsur yang ada dalam komunikasi, serta komunikasi interpersonal yang terjalin selama advokasi. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah model SMCR oleh Berlo yang dikaitkan dengan konsep komunikasi interpersonal dan teori manajemen strategi oleh Fred R. David. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan wawancara terbuka kepada Koordinator Divisi Advokasi dan Jaringan SIGAB untuk mendapatkan data primer. Hasil penelitian ini akan menunjukkan bagaimana strategi komunikasi yang digunakan SIGAB dalam proses advokasi perempuan penyandang disabilitas. Unsur-unsur komunikasi berperan dalam setiap tahapan manajemen strategi sehingga tercipta strategi komunikasi bagi proses advokasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Strategi Komunikasi, Advokasi
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 02 Sep 2022 08:32
Last Modified: 02 Sep 2022 08:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27332

Actions (login required)

View Item View Item