ANALISIS PROFITABILITAS PELANGGAN PADA KANITA CATERING

Fortuna, Immanuel Natalino Dewa (2022) ANALISIS PROFITABILITAS PELANGGAN PADA KANITA CATERING. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Immanuel Natalino Dewa Fortuna)
180424054_Bab 0.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180424054_Bab 1.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180424054_Bab 2.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text
180424054_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text
180424054_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img]
Preview
Text
180424054_Bab 5.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profitabilitas setiap kelompok pelanggan pada Kanita Catering. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan observasi langsung dan wawancara dengan pihak terkait, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi perusahaan. Data sekunder yang digunakan adalah data pelanggan, data penjualan, dan data biaya pada tahun 2021. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelaporan segmen dengan pendekatan variable costing yang meliputi langkah-langkah : (1) mengidentifikasi penjualan setiap pelanggan, (2) mengidentifikasi dan mengklasifikasi biaya berdasarkan perilaku biaya, (3) menghitung harga pokok penjualan variabel setiap pelanggan, (4) membebankan biaya variabel non produksi ke pelanggan, (5) mengklasifikasi biaya tetap ke dalam biaya tetap langsung dan bersama, (6) menyusun laporan segmen pelanggan dengan pendekatan variabel costing. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kelompok pelanggan yang memiliki profitabilitas tertinggi adalah kelompok pelanggan individu dengan rasio margin segmen 30%, dilanjutkan oleh kelompok pelanggan Rumah Sakit Panti Rapih (RSPR) dengan rasio margin segmen 10%. Di posisi ketiga dan keempat terdiri dari kelompok pelanggan Stikes Panti Rapih dan Asrama Carolina dengan rasio margin segmen 4%. Kelompok pelanggan dengan tingkat profitabilitas terendah adalah kelompok pelanggan Provinsialat CB dengan rasio margin keuntungan sebesar 3%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 02 Sep 2022 11:13
Last Modified: 02 Sep 2022 11:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27339

Actions (login required)

View Item View Item