PENGARUH RESPON KONSUMEN TERHADAP E-COMMERCE (Studi Pada Pelanggan E-Commerce di Yogyakarta)

Peristian, Ifon (2009) PENGARUH RESPON KONSUMEN TERHADAP E-COMMERCE (Studi Pada Pelanggan E-Commerce di Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0EM15723.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1EM15723.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2EM15723.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3EM15723.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (Bab IV)
4EM15723.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5EM15723.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

Internet merupakan sarana elektronik yang dapat dipergunakan untuk berbagai aktivitas seperti komunikasi, riset, transaksi bisnis dan lainnya. Teknologi internet menghubungkan jaringan komputer individual dan organisasi. Penggunaan internet untuk aktifitas bisnis dikenal dengan istilah Electronic Commerce (e-commerce) (McLeod dan Schell, 2004:49). Baknyaknya pengguna internet di Indonesia memicu untuk menumbuhkan e-commerce di Indonesia. Dengan semakin banyaknya pengguna internet, diharapkan dapat mempengaruhi perilaku masyarakat dalam melakukan pembelian barang/jasa, yaitu dari pembelian secara konvensional ke e-commerce. Sebagaimana hasil penelitian Liao dan Cheung (2001) bahwa semakin banyak pengguna internet maka semakin senang melakukan pembelian melalui e-shop (toko maya). Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana pengaruh mekanisme jaminan terhadap risiko e-commerce, bagaimana pengaruh mekanisme kepercayaan terhadap tingkat kepercayaan konsumen di e-commerce, bagaimana pengaruh risiko dan kepercayaan terhadap sikap pembelian dan bagaimana pengaruh sikap konsumen terhadap keinginan untuk membeli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor mekanisme jaminan berpengaruh secara signifikan dalam menurunkan risiko, faktor mekanisme kepercayaan berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan kepercayaan konsumen, faktor risiko dan kepercayaan secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap sikap konsumen pada pembelian, dan sikap pada pembelian memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan niat beli konsumen

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, Faktor Mekanisme Jaminan , Faktor Mekanisme Kepercayaan, Risiko, Kepercayaan Konsumen, Sikap Konsumen Pada Pembelian, Sikap Pada Pembelian, Niat Beli Konsumen
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Jul 2013 13:20
Last Modified: 02 Jul 2013 13:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2737

Actions (login required)

View Item View Item