Wicaksono, Dandy Cahyo (2012) Hubungan Brand Drivers dan Social Drivers Dengan Pembentukan Loyalitas Merek (Studi Eksplanatif Pengaruh Tingkat Reputasi Merek dan Tingkat Rekomendasi Dalam Membentuk Loyalitas Merek Artemy Gelato Pada Pelajar Dan Mahasiswa Di Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03575.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03575.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM03575.pdf Restricted to Registered users only Download (865kB) |
||
Text (Bab III)
3KOM03575.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03575.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Fenomena anak muda yang selalu berkumpul dan bersosialisasi di tempat-tempat tertentu adalah hal yang biasa terjadi di masyarakat.Mereka cenderung berkumpul di satu tempat favoritnya dan menjadikan tempat tersebut sebagai basecamp bagi kelompok mereka. Peneliti menganggap fenomena ini menarik untuk diteliti dilihat dari bagaimana mereka bisa membuat suatu tempat berkumpul itu favorit bagi mereka. Mengacu pada penelitian yang telah dilakukan oleh Sebastianus Epifani tahun 2010 mengenai faktor consumer drivers, brand drivers dan social drivers terhadap loyalitas merek, penulis disini tertarik untuk melanjutkan penelitian terhadap salah satu pelaku bisnis tempat nongkrong yang ada di kota Yogyakarta ini. Penelitian ini memakai dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Kedua variabel bebas ini adalah tingkat reputasi merek dan tingkat rekomendasi, sedangkan variabel terikatnya adalah loyalitas merek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat reputasi merek dan tingkat rekomendasi dalam membentuk loyalitas merek Artemy Gelato. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengambilan data berbentuk survei dan kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian, terbukti tingkat reputasi merek Artemy Gelato Yogyakarta masuk dalam kategori tinggi. Hal ini berarti merek Artemy Gelato sukses membangun reputasi, yaitu terkenal dan berkualitas berdasarkan penilaian konsumen anak muda, dalam hal ini pelajar dan mahasiswa. Tingkat rekomendasi teman juga mempunyai nilai yang tinggi di mata konsumen. Kedua faktor ini kemudian mempengaruhi loyalitas merek Artemy Gelato dengan skala yang tinggi. Penelitian ini berhasil membuktikan bahwa pengunjung Artemy Gelato termasuk dalam kategori loyal dilihat dari aspek brand drivers dan social drivers dan pengaruh kedua faktor ini dalam menentukan loyalitas pengunjungnya tergolong tinggi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brand Drivers, Social Drivers, Loyalitas Merek. |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 11 Apr 2013 10:06 |
Last Modified: | 01 May 2013 13:04 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/274 |
Actions (login required)
View Item |