EVALUASI USABILITY PADA APLIKASI ITEMKU LITE MENGGUNAKAN METODE USABILITY TESTING

Sitorus, Amos Parlindungan Juniedi (2022) EVALUASI USABILITY PADA APLIKASI ITEMKU LITE MENGGUNAKAN METODE USABILITY TESTING. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Amos Parlindungan Juniedi Sitorus)
161708981_Bab 0.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161708981_Bab 1.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161708981_Bab 2.pdf

Download (489kB) | Preview
[img] Text
161708981_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text
161708981_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (949kB)
[img]
Preview
Text
161708981_Bab 5.pdf

Download (503kB) | Preview

Abstract

Aktivitas masyarakat dalam era teknologi informasi kini sudah tidak lepas lagi dari peran aplikasi mobile.Kegiatan perdagangan menjadi salah satu kegiatan yang terbantu dengan adanya teknologi aplikasi mobile, yaitu praktik menjual dan membeli kini dapat dilakukan secara online khususnya melalui aplikasi mobile. E-commerce adalah aplikasi yang dapat memproses transaksi pembelian atau penjualan yang dilakukan dalam sebuah platform digital. Itemku adalah salah satu e-commerce barang digital yang berasal dari indonesia yang inovatif dan mengusung konsep kumpulan berbagai toko barang digital online di Indonesia. akan tetapi aplikasi itemku yang terdapat pada google playstore mengalami penurunan rating aplikasi. Sebuah aplikasi dapat disebut berguna jika fungsi di dalamnya dapat berjalan secara efektif, efisien, dan memuaskan. Melihat dekatnya penggunaan aplikasi e-commerce pada konsumen maka pengukuran tingkat usability untuk mengetahui seberapa usable sebuah aplikasi e-commerce berdasarkan sudut pandang pengguna menjadi hal yang penting. Usability testing merupakan salah satu metode yang sering digunakan untuk mengevaluasi tingkat usability pada sebuah sistem, yang mana pengukuran yang dilakukan untuk mengetahui kemudahan dan kenyamanan pengguna dalam menggunakan suatu sistem.penelitian menganalisis data berdasarkan 4 kriteria yaitu learnability, error, satisfaction, dan efficiency. Berdasarkan hasil pengujian data skenario tugas menggunakan persamaan success rate kriteria learnbalitity mendapatkan nilai sebesar 82%,Untuk kriteria efficiency data yang diuji dengan persamaan time based efficiency sistem mendapatkan nilai sebesar 0,07 goals/sec, Kriteria error mendapatkan nilai 0,04 total defect, Sedangkan untuk kriteria satisfaction mendapatkan nilai sebesar 1760 dan rerata skor sebesar 65,18.maka dapat dikatakan aplikasi Itemku lite mudah untuk dipelajari oleh pengguna, aplikasi Itemku lite tergolong cepat dan mudah untuk dikerjakan oleh pengguna,tingkat kesalahan pengguna dalam menggunakan aplikasi Itemku lite kecil dan wajar, dan dikatakan masih cukup diterima atau cukup mudah untuk digunakan oleh pengguna untuk melakukan aktivitasnya melalui aplikasi Itemku lite.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Itemku lite; E-commerce; Usability; Usability testing;
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 13 Sep 2022 08:56
Last Modified: 13 Sep 2022 08:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27417

Actions (login required)

View Item View Item