PERANCANGAN DESAIN UI/UX APLIKASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA (SIATMA) MOBILE UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA DENGAN METODE LEAN UX

Bontong, Hakia (2022) PERANCANGAN DESAIN UI/UX APLIKASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA (SIATMA) MOBILE UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA DENGAN METODE LEAN UX. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Hakia Bontong)
181709993_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
181709993_Bab 1.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181709993_Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
181709993_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
181709993_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
181709993_Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk melakukan perancangan UI/UX aplikasi Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIATMA) mobile Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). SIATMA merupakan produk dari Kantor Sistem Informasi (KSI) UAJY yang telah dirilis pada tahun 2007 dan digunakan untuk menunjang kebutuhan akademik di lingkungan Universitas Atma Jaya Yogyakarta. KSI sendiri berencana untuk mengembangkan SIATMA dalam bentuk aplikasi SIATMA mobile yang saat ini hanya terbatas pada scan QR-code presensi. Saat ini KSI belum memiliki perancangan User Interface (UI) dan User Experience (UX) untuk aplikasi SIATMA mobile sebagai gambaran sebelum pengimplementasian sistem. Perancangan UI/UX sebelum pengimplementasian suatu sistem cukup penting untuk memberikan gambaran dari aplikasi yang akan dibuat dan menarik bagi pengguna. Maka dari itu Kantor Sistem Informasi (KSI) UAJY membutuhkan perancangan UI/UX aplikasi SIATMA mobile. Proses perancangan UI/UX aplikasi SIATMA mobile ini menggunakan metode Lean UX. Penelitian diawali dengan melakukan wawancara kepada pengguna yaitu mahasiswa mengenai permasalahan dan kebutuhan mereka ketika menggunakan situs SIATMA, wawancara ini dilakukan agar permasalahan dan kebutuhan tersebut dapat diselesaikan pada perancangan UI/UX aplikasi SIATMA mobile dan hasil wawancara kemudian didiskusikan kembali bersama KSI. Setelah itu proses perancangan Minimum Viable Product (MVP) UI/UX menggunakan tools Figma, setelah selesai dilakukan pengujian desain produk bersama dengan KSI dan dilanjutkan dengan melakukan riset dan umpan balik dari pengguna dengan menggunakan SEQ, SUS dan Interview kepada 20 mahasiswa yang menjadi responden, dari hasil pengujian 12 task menggunakan SEQ didapatkan hasil rentang nilai 6,4-7 dalam kategori sangat mudah, sedangkan hasil SUS mendapatkan hasil skor rata-rata total SUS sebesar 93, dari hasil responden tersebut memiliki acceptability ratings pada rentang “acceptable”, adjective rating pada rentang “best imaginable” dan grade pada rentang “A”. Dari tolak ukur tersebut, rancangan UI/UX aplikasi SIATMA mobile yang telah dibuat bisa digunakan sebagai gambaran dalam pengimplementasian aplikasi SIATMA mobile.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lean UX, User Interface, User Experience, aplikasi mobile, In-Depth interview, System Usability Scale (SUS), Single Ease Question (SEQ)
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 13 Sep 2022 11:54
Last Modified: 13 Sep 2022 11:54
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27429

Actions (login required)

View Item View Item