PENGEMBANGAN ULANG APLIKASI IDEABOX BERBASIS WEBSITE DAN MOBILE MENGGUNAKAN METODE SCRUM PADA CORPORATE INNOVATION LAB TELKOM INDONESIA (DIGITAL AMOEBA)

Stephani, Lenny (2022) PENGEMBANGAN ULANG APLIKASI IDEABOX BERBASIS WEBSITE DAN MOBILE MENGGUNAKAN METODE SCRUM PADA CORPORATE INNOVATION LAB TELKOM INDONESIA (DIGITAL AMOEBA). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Lenny Stephani)
181710033_Bab 0.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181710033_Bab 1.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181710033_Bab 2.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text
181710033_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
181710033_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
181710033_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
181710033_Bab 6.pdf

Download (383kB) | Preview

Abstract

Pada era modern ini, mengelola ide inovasi adalah salah satu kunci bagi suatu perusahaan untuk dapat bertahan dalam persaingan bisnis. Inovasi dapat mendorong adanya pertumbuhan, membantu memastikan organisasi dapat bersaing dengan tren pasar baru dan membantu menghasilkan keuntungan. Banyak perusahaan merencanakan merencanakan strategi perusahaan dengan mengembangkan ide-ide baru salah satunya adalah Telkom Group. Untuk membantu Telkom Group menggali lebih dalam terkait ide-ide dari karyawan di perusahaan demi memunculkan lebih banyak lagi talenta digital baru maka Telkom Group memiliki corporate innovation lab bernama Digital Amoeba. Digital Amoeba adalah laboratorium inovasi perusahaan oleh Telkom Indonesia yang menetas dan berakselerasi ide dari karyawannya yang menciptakan inovasi digital dan talenta digital. Dalam mendukung dan memberi wadah untuk karyawan Telkom group dapat berkesempatan untuk berinovasi digital maka Digital Amoeba mengembangkan platform bernama IdeaBox. IdeaBox merupakan single platform yang berfungsi sebagai media untuk menampung pengumpulan ide-ide inovasi yang dapat memudahkan seluruh karyawan Telkom dalam mengembangkan dan berkolaborasi untuk membantu melaksanakan strategi perusahaan dan mencapai visi utama Digital Amoeba.Dalam aplikasi existing system IdeaBox, ditemukan beberapa masalah yang tidak memungkinan untuk di update karena struktur sistem yang tidak modular, oleh karena itu tim developer Digital Amoeba memutuskan untuk dilakukan pengembangan ulang aplikasi IdeaBox menggunakan microservice achitecture pattern dan proses pengerjaan projek menggunakan scrum yang merupakan metodologi pengembangan agile yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak berdasarkan proses berulang dan bertahap.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan ulang, scrum, microservice architecture pattern, IdeaBox.
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 13 Sep 2022 13:04
Last Modified: 13 Sep 2022 13:04
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27436

Actions (login required)

View Item View Item