KONSTRUKSI HUBUNGAN HUKUM ANTARA PELAKU USAHA DAN PEMBELI DALAM TRANSAKSI E-COMMERCE

Haurissa, Aldrin Wilthon (2022) KONSTRUKSI HUBUNGAN HUKUM ANTARA PELAKU USAHA DAN PEMBELI DALAM TRANSAKSI E-COMMERCE. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Aldrin Wilthon Haurissa)
205203206_Bab 0.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
205203206_Bab 1.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
205203206_Bab 2.pdf

Download (534kB) | Preview
[img] Text
205203206_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
205203206_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img]
Preview
Text
205203206_Bab 5.pdf

Download (381kB) | Preview

Abstract

Konstruksi hubungan hukum antara pelaku usaha dan pembeli dalam transaksi e-commerce tetap mengacu pada peraturan perundang-undangan dan persyaratan materil agar tidak menyebabkan unsur kerugian bagi para pihak dalam bertransaksi, secara sederhana transaksi yang dilakukan melalui media sosial atau secara online dimana perjanjian terjadi akibat bertemunya syarat dalam suatu penawaran barang dan jasa melalui media sosial atau secara online dengan kesepakatan yang dilakukan melalui media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konstruksi hubungan hukum antara pelaku usaha dan pembeli serta mekanisme transaksi dalam sistem e-commerce Penelitian ini menggunakan bahan-bahan hukum, studi kepustakaan, jurnal dan pendapat para ahli hukum, yang bertujuan untuk memecahkan permasalashan yang diangkat dalam penulisan Tesis ini. Persoalan lebih luas juga terjadi untuk masalahmasalah berbisnis seperti pada transaksi e-commerce karena saat ini transaksi online telah menjadi transaksi yang sering dilakukan dalam masyarakat. Kenyataan ini menjadi persoalan dalam masyarakat, karena disamping perbuatan melawan hukum itu dilakukan oleh subjek yang menggunakan sarana teknologi canggih dan sulit dilacak keberadaanya. Faktor-faktor mengenai hubungan antara pelaku usaha dan pembeli dalam transaksi E-Commerce, transaksi melalui internet atau sering disebut e-commerce (electronic commerce) pada dasarnya merupakan suatu transaksi perdagangan di mana penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung (face to face) hanya dengan menggunakan media internet. Teknologi informasi saat ini juga berdampak dan memberikan efek bagi masyarakat, karena selain memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejatraan, kemajuan dan peradaban manusia, sekaligus menjadi sarana efektif perbuatan melawan hukum.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pelaku Usaha, Konstruksi, Pembeli, E-Commerce
Subjects: Magister Ilmu Hukum > Hukum Bisnis
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 19 Sep 2022 11:59
Last Modified: 19 Sep 2022 11:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27471

Actions (login required)

View Item View Item