Pamungkas, Akbar Stiyobudi (2020) ANALISIS KECELAKAAN DI RUAS JALAN KARANGANYAR — GOMBONG ANTARA KM 2— KM 8 KABUPATEN KEBUMEN. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Akbar Stiyobudi Pamungkas)
130215045_Bab 0.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
130215045_Bab 1.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
130215045_Bab 2.pdf Download (606kB) | Preview |
|
|
Text
130215045_Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
130215045_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
||
Text
130215045_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
130215045_Bab 6.pdf Download (496kB) | Preview |
Abstract
Kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh 4 (empat) faktor utama, yaitu faktor manusia, faktor kendaraan, faktor jalan, dan faktor lingkungan di mana keempat faktor ini sangat berpengaruh terhadap tingkat kecelakaan di suatu daerah dan jalan Karanganyar - Gombong merupakan jalan utama. Jumlah kendaraan yang melintas semakin meningkat dari tahun ke tahun, keadaan ini tak jarang membuat kepadatan pada jam-jam sibuk seperti pagi hari maupun sore hari, dan membuat para pengendara memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi agar tidak terjebak kepadatan kendaraan, dan tidak menaati rambu-rambu lalu lintas sehingga dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Penelitian ini dilakukan di ruas jalan Karanganyar – Gombong pada segmen Km 2 — Km 8. Data yang gunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan adalah keadaan fisik dari lokasi penelitian di ruas jalan Karanganyar – Gombong Km 2 — Km 8, fasilitas pelengkap jalan, tata guna lahan dan pengukuran kecepatan kendaraan saat melintas diruas jalan Karanganyar – Gombong . Data sekunder diperoleh dari POLRES Kebumen selama rentang waktu 2016 sampai 2108, seperti data kecelakaan lalu lintas setelah itu dianalisis. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecelakaan lalu lintas pada ruas jalan Karanganyar – Gombong antara Km 2 sampai Km 8 dirata-ratakan selama 3 (tiga) tahun mendapatkankan hasil tertinggi pada ruas jalan Km 2 – Km 3 dengan angka sebesar 16,7 Kasus tiap tahunnya. Faktor penyebab kecelakaan lalu lintas yang paling dominan adalah faktor manusia sebagai pengemudi yang sering lalai dan tidak disiplin dalam berkendara sesuai dengan peraturan berlalu lintas yang ada di Indonesia. Alternatif pencegahan tingkat kecelakaan dilakukan dengan cara pada ruas jalan yang masih bisa dikelola dapat dikembangkan sesuai dengan tata guna tanah yang tepat. kemudian tindakan yang konkrit berupa perbaikan jalan yang memang sudah banyak yang tidak layak (rusak berat) dan dengan penegakan hukum secara tegas dalam berkendara.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | faktor utama kecelakaan, tingkat kecelakaan lalu lintas, fasilitas pelengkap. |
Subjects: | Sipil > Manajemen Konstruksi Sipil > Manajemen Konstruksi |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 10:32 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 10:32 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27487 |
Actions (login required)
View Item |