ANALISIS KINERJA RUAS JALAN (STUDI KASUS JALAN BHAYANGKARA TIMIKA, PAPUA)

Latue, Bintang Batwey (2020) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN (STUDI KASUS JALAN BHAYANGKARA TIMIKA, PAPUA). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Bintang Batwey Latue)
140215183_Bab 0.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
140215183_Bab 1.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
140215183_Bab 2.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
140215183_Bab 3.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text
140215183_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
140215183_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)
[img]
Preview
Text
140215183_Bab 6.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Jalan Bhayangkhara terekanal dengan daerah yang padat lalu lintas, Sepanjang jalan ini dipenuhi oleh pertokoan dan pasar, sehingga terjadinya aktifitas yang mengakibatkan tingginya arus lalu lintas. Pemanfaatan badan jalan yang kurang efektif yaitu digunakan sebagai tempat parkir kendaraan (mobil, bus,truk, becak, atau motor). Disisi lain, pada wilayah/kawasan pasar, banyak sekali para penjual yang menggunakan badan jalan untuk menjual berbagai kebutuhan pangan masyarakat Kabupaten Mimika yang mengakibatkan berkurangnya kapasitas dari jalan tersebut yang membuat terhambatnya segala aktifitas masyarakat yang tinggal di Kabupaten Mimika. Penelitian pada ruas Jalan Bhayangkara Timika, Papua dilakukan pada hari Senin 2 September 2020, Jumat 6 September 2020, dan Sabtu 7 September dengan cara pengambilan 2 data yaitu data primer berupa volume lalu lintas, waktu tempuh, dan hambatan samping, serta data sekunder berupa peta lokasi penelitian, jumlah penduduk dan. Analisis data berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997, dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 14 Tahun 2006. Berdasarkan analisis yang di lalukan pada kondisi eksisting (2019) volume lalu lintas tertinggi di dapat Q sebesar 733 smp/jam,, kapasitas (C) sebesar 1509,95 smp/jam, derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,48, dan termasuk dalam tingkat pelayanan C. Prediksi tingkat pelayanan jalan 5 – 10 tahun ke depan pada tahun 2024 didapatkan derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,62 (tingkat pelayanan C), pada prediksi tahun 2029 didapatkan derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,79 (tingkat pelayanan D). Solusi yang dilakukan untuk menaikan kinerja tingkat pelayanan jalan dilakukannya pengaturan pembatasan parkir dan berhenti sembarangan dan pelarangan berjualan disepadan jalan. Prediksi tingkat pelayanan ruas jalan setelah diberlakukannya pengelolaan adalah pada tahun 2019 nilai LoS sebesar 0,40 (tingkat pelayanan B), pada tahun 2024 dengan nilai LoS sebesar 0,51 (tingkat pelayanan C), pada tahun 2029 dengan nilai LoS sebesar 0,65 (tingkat pelayanan C).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kinerja, kapasitas, kecepatan, derajat kejenuhan, hambatan samping, dan tingkat pelayanan.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 30 Sep 2022 08:38
Last Modified: 30 Sep 2022 08:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27526

Actions (login required)

View Item View Item