EVALUASI TINGKAT PELAYANAN TROTOAR DAN FASILITAS PENYEBERANGAN BAGI PEJALAN KAKI (STUDI KASUS: PASAR DEMANGAN, YOGYAKARTA)

Setyanto, Garudho Ilham (2021) EVALUASI TINGKAT PELAYANAN TROTOAR DAN FASILITAS PENYEBERANGAN BAGI PEJALAN KAKI (STUDI KASUS: PASAR DEMANGAN, YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Garudho Ilham Setyanto)
150216067_Bab 0.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150216067_Bab 1.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150216067_Bab 2.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150216067_Bab 3.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text
150216067_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
150216067_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
150216067_Bab 6.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Pasar tradisonal masih mendominasi pasar di Indonesia, walupun pertumbuhan pasar atau tempat perbelanjaan modern di Indonesia semakin pesat. Pasar tradisonal merupakan wadah yang sangat penting bagi masyarakat yang memiliki usaha kecil seperti dibidang pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan. Pasar Demangan merupakan salah satu pasar di Yogyakarta yang masih menjadi pilihan masyarakat sekitar untuk melakukan proses jual beli. Hal ini menunjukan bahwa fasilitas yang ada harus mendukung kenyamanan dan keamanan masyarakat yang melakukan proses jual beli di area tersebut. Seperti di pasar Demangan, pekerjaan secara umum bagi pajalan kaki terlebih di trotoar ataupun perlintasan sebidang belum tertata secara baik, maka belum bisa memenuhi relevansi pejalan kaki. Tugas selanjutnya bertujuan menentukan lebar trotoar efektif yang dibutuhkan berdasarkan lalu lintas pejalan kaki, menentukan jenis kendaraan penyeberangan, dan menentukan nilai pelayanan pejalan kaki pasar Demangan. Fasilitas umum untuk pejalan kaki, seperti yang terlihat di pasar demangan, tidak dapat memenuhi kebutuhan pejalan kaki, terutama yang fasilitas penyeberangan pejalan kaki di India kurang berkembang. Tugas akhir ini bertujuan untuk menentukan lebar efektif India yang dibutuhkan menurut jumlah pejalan kaki, jenis peralatan perlintasan kereta api, dan tingkat nilai pelayanan pejalan kaki di Pasar Demangan. Dapat disimpulkan bedasarkan analisis dan olah data diperoleh hasil lebar efektif trotoar sebagai kebutuhan pejalan kaki yaitu 2 meter. Akan teteapi pada kenyataannya masih ditemukan hambatan yang terdapat di trotoar seperti pepohonan, dan tempat-tempat penjual. Situasi tersebut mengakibatkan lebar efektif trotoar menjadi berkurang. Hasil dari perhitungan kesimpulan tingkat penilaian pelayanan kriteria E, berdasarkan arus pejalan kaki trotoar sebelah timur yaitu B sedangkan trotoar sebelah barat kriterianya yaitu A. dilokasi tempat penelitian tidak terdapat fasilitas penyeberangan jalan,dari hasil hitungan dapat disimpulkan bahwa fasilitas yang sesuai peraturan pelican crossing.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pejalan kaki, trotoar, penyeberangan, tingkat pelayanan.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 04 Oct 2022 09:43
Last Modified: 04 Oct 2022 09:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27549

Actions (login required)

View Item View Item