PENGARUH SUBSTITUSI STEEL SLAG DENGAN PENAMBAHAN SERAT SELULOSA ALAMI DEDAK PADI PADA CAMPURAN ASPAL STONE MATRIX ASPHALT (SMA)

Priambodo, Bonaventura Jangkung (2021) PENGARUH SUBSTITUSI STEEL SLAG DENGAN PENAMBAHAN SERAT SELULOSA ALAMI DEDAK PADI PADA CAMPURAN ASPAL STONE MATRIX ASPHALT (SMA). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Bonaventura Jangkung Priambodo)
170216701_Bab 0.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216701_Bab 1.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216701_Bab 2.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216701_Bab 3.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text
170216701_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text
170216701_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[img]
Preview
Text
170216701_Bab 6.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Steel slag merupakan produk limbah yang berasal dari pengolahan industri pengecoran logam. Steel slag memiliki bentuk fisik hampir serupa dengan batuan atau kerikil alam. Dengan adanya limbah tersebut dapat dimanfaatkan menjadi beberapa alternatif inovasi, salah satu halnya yaitu pemanfaatan steel slag menjadi bahan substitusi pada lapis perkerasan jalan. Stone Matrix Asphalt (SMA) merupakan lapis perkerasan yang menggunakan gradasi senjang dengan tambahan serat selulosa di dalamnya. Lapis perkerasaan ini cocok digunakan pada jalan yang menampung beban lalu lintas berat. Dalam penelitian ini steel slag akan digunakan sebagai bahan substitusi terhadap agregat kasar pada lapis aspal Stone Matrix Asphalt (SMA) dengan penambahan serat selulosa alami berupa dedak padi sebesar 0,3%. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh kelayakn substitusi steel slag terhadap agregat kasar pada lapis aspal Stone Matrix Asphalt (SMA) terhadap parameter marshall. Kadar aspal optimum merupakan kadar yang akan digunakan ke dalam variasi substitusi steel slag. Variasi prosentase aspal yang digunakan dalam penentuan kadar aspal optimum antara lain 5,5%, 6%, 6,5%, 7%, dan 7,5%. Dan untuk kadar aspal optimum yang didapatkan yaitu 6,4%. Variasi prosentase substitusi steel slag terhadap agregat kasar yaitu 0%, 25%, 50%, 75%, dan 100%. Hasil dari substitusi steel slag terhadap agregat kasar yaitu nilai kepadatan mengalain peningkatan seiring bertambahnya kadar steel slag, nilai VIM mengalami penurunan, nilai VMA mengalami peningkatan, nilai VFB mengalami peningkatan, stabilitas mengalami penurunan, dan nilai kelelehan mengalami penurunan. Pada nilai VIM di tiap kadar steel slag tidak ada yang memenuhi batas persyaratan, sehingga tidak ditemukan kadar steel slag optimum pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Steel slag, Stone Matrix Asphalt (SMA), Kadar Aspal Optimum, Parameter Marshall.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 05 Oct 2022 09:01
Last Modified: 05 Oct 2022 09:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27560

Actions (login required)

View Item View Item