EVALUASI DAN PENANGANAN TINGKAT KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA 1990 DAN PAVEMENT CONDITION INDEX 1994

Suntadi, Theodorus Bima Hausa (2021) EVALUASI DAN PENANGANAN TINGKAT KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA 1990 DAN PAVEMENT CONDITION INDEX 1994. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Theodorus Bima Hausa Suntadi)
170217069_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170217069_Bab 1.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170217069_Bab 2.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170217069_Bab 3.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
170217069_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
170217069_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
170217069_Bab 6.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Jalan Kalasan—Potrojayan merupakan jalan kabupaten dengan tipe dua lajur dua arah yang berada di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Jalan ini merupakan jalur alternatif sebagai akses dari Kabupaten Sleman menuju ke Kabupaten Gunung Kidul. Kondisi lalu lintas cukup tinggi dan banyak truk angkutan yang melewati jalan ini mengakibatkan adanya kerusakan jalan. Jika dibiarkan dalam jangka waktu lama, kondisi perkerasan akan memburuk dan akan menurunkan kualitas kenyaman serta keamanan pengguna jalan. Evaluasi kerusakan jalan dilakukan untuk menghasilkan perencanaan matang agar pemeliharaan dan peningkatan jalan yang tepat sasaran, hemat biaya dan efektif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengambilan data primer berupa kerusakan jalan secara visual dan survei lalu lintas harian rata-rata. Data sekunder berupa data lendutan didapatkan dari Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Sleman. Analisis kerusakan menggunakan metode Bina Marga tahun 1990 dan metode Pavement Condition Index tahun 1994 untuk menentukan jenis, tingkat dan rekomendasi penanganan kerusakan. Penanganan kerusakan menggunakan Manual Desain Perkerasan Jalan (MDP) 2017. Hasil dari penelitian ini dengan panjang jalan 2,6 Km dan lebar 4,5 m ditemukan total kerusakan seluas 4.349,879 m2 atau 37,178% dari total luas jalan. Pemeliharaan berkala atau peningkatan struktur menggunakan lapis tambahan (overlay) dengan perhitungan MDP 2017 setebal 60 mm untuk meningkatkan kemampuan struktural.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Kerusakan Jalan, Pavement Condition Index, Bina Marga 1990
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 07 Oct 2022 12:39
Last Modified: 07 Oct 2022 12:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27604

Actions (login required)

View Item View Item