Widiasakti, Hanggana Raras (2012) Hubungan Daya Tarik Mural Iklan dengan Minat Beli Produk ( Penelitian Eksplanatif Mengenai Hubungan Daya Tarik Mural Sebagai Media Iklan Pada Jembatan Layang Janti dengan Minat Membeli Produk Kartu As Telkomsel Terhadap Pelajar SMA Angkasa Adisutjipto Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03584.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03584.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM03584.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (Bab III)
3KOM03584.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03584.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Fenomena beriklan melalui media mural di Yogyakarta seperti halnya juga di kota lain juga telah banyak digunakan. Mural iklan provider sering kita temui di dinding-dinding ruko, bangunan atau jembatan yang terdapat di pusat kota, sehingga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi yang melihatnya. Salah satu bentuk mural yang sering dilihat masyarakat di Yogyakarta adalah iklan provider Kartu As Telkomsel pada Jembatan Layang Janti. Mural yang terletak di sepanjang jembatan tersebut dicat dan digambar logo serta warna yang melambangkan provider tersebut itu dapat menimbulkan daya tarik tersendiri untuk menarik audiens. Daya tarik sangat penting karena akan meningkatkan keberhasilan komunikasi dengan audiens. Daya tarik dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu rational appeals dan emotional appeals. Seperti halnya yang terjadi pada Kartu AS yang berusaha mempromosikan produknya dengan menarik konsumen melalui iklan yang melibatkan rational appeals dan emotional appeals audiens dalam iklan, sebagai salah satu usaha untuk melakukan peningkatan penjualan terhadap produknya, diharap menggugah minat beli produk pada konsumen Pada penelitian ini telah dilakukan pengambilan sampel sebanyak 67 responden dari populasi pelajar SMA Angkasa Adisutjipto Yogyakarta, penyebaran kuesioner dilakukan dengan teknik proportionale stratifiled random sampling yaitu pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan memperhatikan strata yang ada artinya setiap strata terwakili sesuai proporsinya, yaitu kelas x sebanyak 28 orang,kelas xi 20 orang, serta kelas xii sebanyak 19 orang. Hasil korelasi antara variabel daya tarik mural sebagai media iklan (X) dengan minat beli produk kartu AS (Y) adalah 0,455 dengan signifikansi 0,05 maka dapat dilihat bahwa hubungan antara daya tarik mural sebagai media iklan pada jembatan layang janti dengan minat beli produk provider kartu As telkomsel masuk dalam kategori sedang menurut (Siswojo, 1987:118), (Guilford, 1956:45 dalam Rakhmat, 1984:41) yaitu masuk dalam kategori 0,40-0,70 yang menyatakan korelasi sedang sehingga hubungan cukup penting, sehingga dapat dikatakan mural telah memiliki daya tarik yang sedang untuk menarik perhatian calon konsumen ketika daya tarik iklan hanya masuk kategori sedang hanya bisa menimbulkan minat membeli produk kartu As dalam kategori sedang juga. Hasil penelitian yang membuktikan adanya hubungan daya tarik mural sebagai media iklan dengan minat membeli produk kartu As ini berimplikasi pada strategi komunikasi pemasaran Kartu As itu sendiri, khususnya promosi melalui iklan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Daya tarik iklan, mural, minat beli |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 11 Apr 2013 10:10 |
Last Modified: | 01 May 2013 13:06 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/277 |
Actions (login required)
View Item |