TINGKAT PEMAHAMAN ELEMEN KOMUNIKASI VISUAL PADA PRODUK FESYEN (Studi Kuantitatif pada Produk Artine Kain Seri Sumbu Imajiner)

ANNATAVINDRIYA, THERESA AVILLA (2022) TINGKAT PEMAHAMAN ELEMEN KOMUNIKASI VISUAL PADA PRODUK FESYEN (Studi Kuantitatif pada Produk Artine Kain Seri Sumbu Imajiner). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (THERESA AVILLA ANNATAVINDRIYA)
17 090 6242 0.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 090 6242 1.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 090 6242 2.pdf

Download (475kB) | Preview
[img] Text
17 090 6242 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img]
Preview
Text
17 090 6242 4.pdf

Download (516kB) | Preview

Abstract

Elemen komunikasi visual dapat dituangkan melalui berbagai jenis media, salah satunya adalah produk fesyen. Artine Kain melalui Seri Sumbu Imajiner merupakan modifikasi pop kain batik dan intepretasi filosofi Sumbu Imajiner Yogyakarta. Dengan mengetahui tingkat pemahaman elemen komunikasi visual pada produk fesyen, dapat menjadi gambaran untuk melihat sejauh mana pemahaman seseorang mengenai hal yang ingin disampaikan melalui produk visual tersebut. Penelitian ini menjawab tinggi atau rendahnya tingkat pemahaman elemen komunikasi visual pada produk fesyen Artine Kain Seri Sumbu Imajiner. Penelitian ini didasari Aesthetic Theory menurut Dake (2005). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Kuesioner disebarkan kepada orang-orang yang sebelumnya sudah pernah mengenakan produk Artine Kain seri apa saja dan sudah pernah melihat pola kain Seri Sumbu Imajier secara langsung maupun secara tidak langsung. Responden penelitian ini berjumlah 130 orang yang berasal dari DIY dan luar DIY, 62,2% diataranya berusia antara 21-24 tahun. Hasil yang didapatkan melalui penelitian ini membuktikan bahwa tingkat pemahaman elemen komunikasi visual pada produk fesyen Artine Kain adalah sangat tinggi. Meskipun demikian, dimensi control of direction memiliki tingkat pemahaman yang paling rendah meskipun masih tergolong tinggi. Hal ini dikarenakan pola Artine Kain merupakan pola acak tanpa point of interest yang tidak memiliki alur tertentu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: elemen komunikasi visual, tingkat pemahaman, fesyen
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 02 Nov 2022 13:17
Last Modified: 02 Nov 2022 13:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27745

Actions (login required)

View Item View Item