PERENCANAAN DAN IMPLEMENTASI BRAND ELEMENT BAKPIA PIASO UNTUK MEMBANGUN BRAND IMAGE SEBAGAI OLEH-OLEH KHAS KOTA SOLO

HARYANI, EVIRA TRI (2022) PERENCANAAN DAN IMPLEMENTASI BRAND ELEMENT BAKPIA PIASO UNTUK MEMBANGUN BRAND IMAGE SEBAGAI OLEH-OLEH KHAS KOTA SOLO. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVIRA TRI HARYANI)
150905626 0.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150905626 1.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150905626 2.pdf

Download (542kB) | Preview
[img] Text
150905626 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)
[img]
Preview
Text
150905626 4.pdf

Download (497kB) | Preview

Abstract

Setiap perusahaan tentu memiliki perencanaan dalam menentukan elemenelemen merek yang digunakan sebagai identitas pembeda dari merek lain. Hal ini juga berlaku pada Bakpia Piaso yang merupakan suatu usaha di bidang kuliner yaitu bakpia di Kota Solo. Bakpia dikenal sebagai kuliner khas dari Kota Jogja, sehingga Bakpia Piaso perlu melakukan perencanaan dan implementasi elemen merek dengan baik sehingga brand image yang dibangun dapat sesuai dengan harapan mereka. Penelitian ini menggunakan konsep brand element yang dikemukakan oleh Keller (2013). Kemudian brand element yang diteliti untuk mengetahui elemen-elemen merek yang digunakan Bakpia Piaso dari aspek perencanaan hingga implementasinya seperti nama merek, URLs, logo dan simbol, slogan, karakter, jingle, dan packaging. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu peneliti mendeskripsikan data-data yang ditemukan di lapangan maupun hasil wawancara dengan subjek penelitian. Subjek penelitian ini adalah pihak manajemen yaitu pemilik Bakpia Piaso. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Bakpia Piaso memiliki lima elemen merek yang digunakan yaitu nama merek, URLs dengan akun Instagram dan Facebook, logo maupun simbol, slogan, dan kemasan. Bakpia Piaso menyadari perencanaan dan implementasi merek sangatlah penting dilakukan untuk membangun brand image. Namun sejak melakukan tahap perencanaannya, Bakpia Piaso tidak melakukan dengan maksimal dalam prosedur memberi nama merek. Bahkan hingga proteksi untuk melindungi nama mereknya, Bakpia Piaso belum melakukannya hingga saat ini. Selain itu, implementasi elemen merek juga belum maksimal khususnya untuk URLs seperti akun media sosial Instagram dan Facebook yang sangat penting untuk mengkomunikasikan produknya. Di sisi lain, perencanaan dan implementasi brand element Bakpia Piaso relevan dengan tujuan untuk menciptakan brand image di benak konsumen sebagai bakpia oleh-oleh khas Kota Solo. Hal ini dibuktikan dari pernyataan konsumen bahwa Bakpia Piaso mempunyai satu kesatuan antara produk, rasa, dan kemasan beserta elemenelemen merek yang digunakan. Dengan kata lain, elemen-elemen yang digunakan Bakpia Piaso saling berkaitan, dan konsumen dapat menilai bahwa Bakpia Piaso merupakan bakpia oleh-oleh khas Kota Solo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Implementasi, Brand Element, Brand Image.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 03 Nov 2022 13:41
Last Modified: 03 Nov 2022 13:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27766

Actions (login required)

View Item View Item